INRICO SIREGAR, - (2024) ANALISIS PENYEBAB DAN PERBAIKAN KELUHAN PELANGGAN TERHADAP KERUSAKAN BARANG KIRIMAN PADA PAXEL HOME BANDUNG SUKAJADI (TA.9.24.092). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK ANALISIS PENYEBAB DAN PERBAIKAN KELUHAN PELANGGAN TERHADAP KERUSAKAN BARANG KIRIMAN PADA PAXEL HOME BANDUNG SUKAJADI INRICO SIREGAR 6204174 Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, kualitas layanan dan kepuasan pelanggan menjadi faktor kunci bagi perusahaan untuk mempertahankan keberlanjutan dan memenangkan persaingan. PT Paxel, harus berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan pengiriman cepat, mudah, dan aman. Penelitian ini berfokus pada identifikasi faktor-faktor penyebab kerusakan barang selama proses pengiriman di PT Paxel Home Bandung. Pengumpulan data dilakukan untuk memahami keluhan pelanggan terkait kerusakan barang yang meliputi isi paket yang hilang, paket yang basi, paket yang hilang, serta kerusakan parsial atau total pada paket. Untuk menganalisis akar masalah ini, digunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA).Terdapat faktor penyebab kerusakan pada Barang rusak dan Setengah Rusak yang termasuk ke dalam 80% total persentase kumulatif (Potential Cause) antara lain Proses bongkar muat tidak berjalan dengan baik dengan nilai RPN 264,00, kualitas packaging kurang baik, dengan nilai RPN 168,00, dan Pada Paket Basi kesalahan dalam memilih kategori stiker label dengan nilai RPN 134,75 dan Prosedur pengiriman terlambat dengan RPN 67,50, Hasil analisis menunjukkan bahwa kerusakan barang terutama disebabkan oleh kesalahan dalam pengemasan, penanganan yang tidak tepat, serta ketidaksesuaian pengaturan suhu selama penyimpanan dan pengiriman. Faktor prioritas penyebab kerusakan ini diidentifikasi dan solusi perbaikan diusulkan, termasuk peningkatan prosedur operasional, pelatihan staf, dan peningkatan pengawasan serta kontrol kualitas. Kata Kunci: Kerusakan barang, Pengiriman paket Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Fault Tree Analysis (FTA).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Logistik Bisnis D4 |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 07:51 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 07:51 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2994 |
Actions (login required)
View Item |