PERENCANAAN PEMBATASAN JAM OPERASIONAL ANGKUTAN BARANG TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus : Jl. Raya Dayeuhkolot, Kec. Dayeuhkolot, Kab. Bandung) (TA.13.18.23.33)

Numan Naufal, Ahmad (2023) PERENCANAAN PEMBATASAN JAM OPERASIONAL ANGKUTAN BARANG TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus : Jl. Raya Dayeuhkolot, Kec. Dayeuhkolot, Kab. Bandung) (TA.13.18.23.33). Sarjana thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jalan sebagai prasarana transportasi mempunyai peranan yang sangat penting bagi masyarakat dan memiliki fungsi utama sebagai pergerakan lalu lintas. Jalan Raya Dayeuh Kolot memiliki peran penting sebagai akses jalan menuju zona industri, tetapi jalan tersebut memiliki permasalahan lalu lintas yaitu kemacetan yang terjadi pada jam tertentu karena banyaknya pergerakan kendaraan yang melintas sehingga membuat kecepatan kendaraan lambat. Salah satu cara untuk mengurangi kemacetan pada suatu ruas jalan adalah dengan melakukan evaluasi dari kinerja jalan. Selanjutnya melakukan analisis Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) dengan mengoptimalkan penggunaan ruang jalan sesuai dengan kapasitas jalan. Manajemen Rekayasa Lalu Lintas yang dilakukan adalah pembatasan jam operasional angkutan barang untuk angkutan barang dengan skala sedang dan besar pada saat jam puncak. Pada penelitian ini pengambilan data sekunder berupa data volume kendaraan lalu lintas, geometri jalan dan peta lokasi serta data primer yaitu pendataan inventaris jalan, survei Moving Car Observer (MCO) dan menentukan hambatan samping. Data volume kendaraan lalu lintas satuan unit kendaraan diubah menjadi satuan mobil penumpang lalu dilakukan perhitungan kapasitas jalan kemudian menghasilkan nilai Volume Capacity Ratio (VCR) sehingga dapat diketahui tingkat pelayanan jalan di Jalan Raya Dayeuh kolot. Berdasarkan hasil analisis, nilai VCR sebelum dilakukan MRLL tertinggi terjadi pada jam 07.00 – 08.00 dengan nilai 0,95 dan berada pada tingkat pelayanan E. Pembatasan jam operasional dilakukan pada rentang waktu 06.00 sampai 09.00 dengan memindahkan kendaraan angkutan barang skala sedang dan berat ke rentang waktu 09.00 sampai 11.00. Setelah dilakukan MRLL pembatasan jam operasional, nilai VCR tertinggi terjadi pada jam 07.00 – 08.00 dengan nilai 0,90 dan berada pada tingkat pelayanan E. Dengan hasil setelah dilakukannya MRLL pembatasan jam operasional angkutan barang tersebut, maka cara pembatasan jam operasional angkutan barang tidak berhasil atau gagal. Kata Kunci: Kinerja Jalan, Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, Pembatasan Jam Operasional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Transportasi S1
Depositing User: najla awalia p
Date Deposited: 14 Jan 2025 08:13
Last Modified: 14 Jan 2025 08:13
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3010

Actions (login required)

View Item View Item