ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) STUDI KASUS : PT. KARUNIA INDAH DELAPAN EXPRESS CABANG BANDUNG (TA.13.18.23.52)

Mahendra, Reza (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) STUDI KASUS : PT. KARUNIA INDAH DELAPAN EXPRESS CABANG BANDUNG (TA.13.18.23.52). Sarjana thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT. Karunia Indah Delapan Express merupakan salah satu pelaku bisnis dalam jasa ekspedisi melalui moda angkutan kereta api. Selain PT. Karunia Indah Delapan Express, terdapat beberapa ekspedisi serupa yang beroperasi di daerah operasional yang sama. PT. Karunia Indah Delapan Express Bandung banyak mendapatkan keluhan dari para pelanggan terkait proses pengiriman barang yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan perusahaan. Hal tersebut menyebabkan terjadinya penurunan minat pelanggan untuk menggunakan jasa pengiriman barang, sehingga menyebabkan kerugian bagi perusahaan Agar kendala tersebut dapat diatasi, perusahaan dirasa memerlukan perbaikan kinerja pelayanan, yang dapat dilakukan dengan pengukuran kualitas jasa yang diberikan. Pengukuran kualitas jasa dapat dilakukan dengan menggunakan integrasi antara dua metode berupa metode ServQual dan metode Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapatkan, pengguna jasa PT. Karunia Indah Delapan Express Bandung saat ini tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, dengan bukti nilai kesenjangan (Gap) yang didapatkan antara layanan sekarang (persepsi) dengan layanan harapan (ekspektasi) dari setiap dimensi kualitas yaitu: Dimensi Tangible (Bukti Fisik), dengan nilai gap sebesar -1.24. Dimensi Realibility (Kehandalan) dengan nilai gap sebesar -1.51. Dimensi Responsiveness (Daya Tanggap) dengan nilai gap sebesar -1.56. Dimensi Assurance (Jaminan) dengan nilai gap sebesar -1.34. Dimensi Empathy (Empati) dengan nilai gap sebesar -1.40. Kata kunci: Ekspedisi, Kualitas Jasa, ServQual, Importance Performance Analysis (IPA)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Transportasi S1
Depositing User: najla awalia p
Date Deposited: 03 Feb 2025 03:49
Last Modified: 03 Feb 2025 03:49
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item