PENERAPAN KONSEP LEAN SERVICES DAN DMAIC DALAM PROSES PELAYANAN CLEARANCE KAPAL DI PT BALANCIA SHIP AGENCY BATAM (TA.13.20.24.10)

Wicaksono, Bayu Tirta (2023) PENERAPAN KONSEP LEAN SERVICES DAN DMAIC DALAM PROSES PELAYANAN CLEARANCE KAPAL DI PT BALANCIA SHIP AGENCY BATAM (TA.13.20.24.10). Sarjana thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

Transportasi laut merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam dunia perdagangan sehingga kebutuhan akan transportasi khususnya dibidang kelautan yang sangat besar. Setiap angkutan laut yang berlayar pasti singgah di pelabuhan untuk melakukan pemuatan atau pembongkaran barang yang dibutuhkan oleh kapal. Kegiatan untuk mempermudah aktivitas perkapalan baik bongkar muat, ekspedisi laut, dan lain sebagainya diperlukan peranan dari keagenan kapal. PT Balancia Ship Agency merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa keagenan kapal. Hingga saat ini PT BSA menjalankan bisnisnya dengan melakukan Services terhadap owner/pemilik/kru kapal, dan pengurusan dokumen. Beberapa Services perusahaan kepada kapal memiliki beberapa kendala yaitu keterlambatan waktu pelayanan (delay). Terjadi nya delay kepada perusahaan menunjukan adanya faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dari delay tersebut. Mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab dari delay di PT Balancia Ship Agency menjadi tujuan utama dari penelitian ini. Untuk mengetahui faktor- faktor delay yang paling sering terjadi di perusahaan tersebut, penelitian dilakukan menggunakan penerapan Lean Services dan DMAIC. Berdasarkan hasil analisis didapatkan pelayanan yang sering terjadi delay dan yang paling terburuk yaitu Shore Leave, Return from Shore dan Dahsuskim/Visa B211A. Delay tersebut terjadi dikarenakan beberapa faktor yaitu Captain Speed Boat kapal yang sering tidak tersedia di pelabuhan, Karyawan yang tidak monitoring secara rutin untuk mengetahui job apa yang harus dilakukan di hari selanjutnya. Kata Kunci: Keagenan kapal, Lean Services, DMAIC, Value Stream Mapping

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Transportasi S1
Depositing User: najla awalia p
Date Deposited: 03 Feb 2025 07:05
Last Modified: 03 Feb 2025 07:11
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3032

Actions (login required)

View Item View Item