ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PELAYANAN TRANSPORTASI BUS DALAM KOTA YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENUMPANG (TA.16.20.24.65)

Putra, Amalza Amca Tri (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PELAYANAN TRANSPORTASI BUS DALAM KOTA YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENUMPANG (TA.16.20.24.65). Sarjana thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kota Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, memiliki lokasi strategis secara komunikasi, ekonomi, dan keamanan. Demografi penduduk pada tahun 2020 mencapai 2.444.160 jiwa, dengan pertumbuhan rata-rata 0,21% per tahun dari 2010-2020. Mobilitas penduduk tinggi, terutama dari kawasan pinggiran ke pusat kota, menyebabkan masalah kepadatan, kemacetan, dan polusi. Kota Bandung sering menjadi tujuan wisata penduduk Jakarta, menambah mobilitas pada hari libur. Tingginya jumlah kendaraan pribadi, memperburuk kemacetan. Pertumbuhan kendaraan pribadi yang mencapai 11% per tahun juga menambah beban lalu lintas. Solusi untuk mengatasi kemacetan adalah dengan meningkatkan transportasi umum. Namun, kondisi transportasi umum di Bandung kurang memadai, dengan masalah keterlambatan, jam operasional tidak pasti, dan fasilitas yang tidak terawat. Hasil survei menunjukkan 67% responden merasa tidak nyaman menggunakan transportasi umum bus.Trans Metro Bandung perlu meningkatkan kualitas layanan dengan menjaga jadwal, keandalan, kenyamanan, keselamatan, pelayanan pelanggan, informasi yang jelas, dan aksesibilitas bagi semua penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor pelayanan transportasi bus yang mempengaruhi kepuasan penumpang, dengan harapan peningkatan fasilitas transportasi umum dapat mengurangi kemacetan, polusi, dan meningkatkan kesehatan masyarakat serta keselamatan lalu lintas. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis faktor, bertujuan mengidentifikasi variabel-variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Pengolahan data dilakukan menggunakan software SPSS untuk menghitung uji t dan R-square kemudian mengevaluasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 17 variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Dari variabel-variabel tersebut, "kepedulian terhadap keluhan penumpang" memiliki pengaruh sebesar 0,685 dan "keamanan penumpang selama di halte bus" dengan pengaruh sebesar 0,645 merupakan pengaruh terbesar. Analisis R-square mengungkap bahwa variabel- variabel ini secara signifikan mempengaruhi kepuasan penumpang.Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa untuk meningkatkan kepuasan penumpang, Trans Metro Bandung perlu fokus pada peningkatan kepedulian terhadap keluhan penumpang dan keamanan di halte bus. Meskipun layanan saat ini cukup memadai, peningkatan pada aspek-aspek ini dapat secara signifikan meningkatkan kepuasan penumpang. Kata kunci: Kualitas pelayanan, Bus Kota Bandung, Kepuasan Penumpang, Analisis Faktor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Logistik S1
Depositing User: najla awalia p
Date Deposited: 22 Jan 2025 08:04
Last Modified: 22 Jan 2025 08:05
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item