Matriks dan Pengukuran Terhadap Kinerja Tata Kelola Teknologi Informasi

Maniah, . and Milwandhari, Shiyami (2020) Matriks dan Pengukuran Terhadap Kinerja Tata Kelola Teknologi Informasi. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 7 (1). pp. 100-109. ISSN ISSN 2407- 4322, E- ISSN 2503- 2933

[img] Text (Article)
2.1 Paper Jurnal JATISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/...

Abstract

Tata Kelola Teknologi Informasi (TI) adalah proses yang memastikan penggunaan TI yang efektif dan efisien dalam memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya (dari Gerrard, 2010) dalam[1].Makalah ini bertujuan untuk menetapkan matriks tata kelola TI dan mengukur kinerja tata kelola TI yang diterapkan pada suatu organisasi.Penelitian ini dilakukan dengan carastudi kasus pada suatu organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan metode kualitatif, dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden, kemudian hasil kuesioner diolah menggunakan template “IT Governance one page” dan menilai kinerja tata kelola TI[2].Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa susunan matriks tata kelola TI di PT. Pos Indonesia adalah Hibrida, yang menjelaskan bahwa Prinsip IT, Arsitektur TI, Infrastruktur TI dan Investasi TI lebih tersebar ke berbagai divisi. Hasil evaluasi kinerja tata kelola TI di PT. Pos Indonesia menunjukkan bahwa posisinya di bawah rata-rata dengan nilai kinerja 65,6 (kisaran 20 - 90, dengan nilai rata-rata adalah 69)[2]. Kontribusi hasil penelitian ini adalah untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan terkait keberlanjutan tata kelola TI di PT. Pos Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Depositing User: Maniah MN Maniah
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:28
Last Modified: 04 Jul 2025 08:28
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3269

Actions (login required)

View Item View Item