TES LITERASI BAHASA INGGRIS SECARA ONLINE UNTUK MENGUKUR KESIAPAN SISWA DI SNBT 2023/2024

Authors

  • WIDIA RESDIANA Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Dewi Selviani Yulientinah Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Sari Armiati Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Khairaningrum Mulyanti Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i3.729

Keywords:

Bahasa Inggris, Kesiapan Siswa, Tes Literasi, SNBT

Abstract

Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) yang dihadapi setiap tahunnya oleh siswa siswi Kelas XII di seluruh Indonesia memiliki persaingan yang sangat tinggi dalam rangka mendaftar ke Perguruan Tinggi favorit. SNBT yang dimaksud di dalam kegiatan PKM yang dilaksanakan ini adalah yang akan diselenggarakan pada Tahun Ajaran 2023/2034. Salah satu tes yang diujikan di dalam SNBT adalah Tes Literasi Bahasa Inggris, akan tetapi di salah satu Sekolah Menengah Atas di daerah Cimahi Jawa Barat siswa-siswi yang baru naik ke kelas XII belum mengetahui model soal dan nilai baseline tes tersebut.  Oleh karena itu, kegiatan PKM ini bertujuan untuk mengukur kesiapan siswa di dalam menghadapi SNBT dengan mengetahui nilai awal kemampuan Literasi Bahasa Inggris. Sehingga, dari hasil yang diperoleh pada awal semester kelas XII ini, mereka dapat mempersiapkan diri serta pihak sekolah dan guru-guru dapat pula memformulasikan kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris pada poin-poin yang belum dikuasai siswa. Metode yang digunakan pada kegiatan PKM ini mencakup 3 (tiga) tahapan yakni Needs, Intervention, dan Outcomes (Dudley, 2020) yang diimplementasikan di dalam tahap persiapan kegiatan, tahap pelaksanaan, dan tahap mengolah hasil tes. Kegiatan persiapan mencakup koordinasi dengan sekolah dengan hasil perlunya suatu nilai awal Literasi Bahasa Inggris untuk diketahui, pembuatan dan unggah soal di platform tes, dan koordinasi dan sosialisasi rencana kegiatan. Kemudian intervensi dilakukan dengan implementasi kegiatan tes Literasi Bahasa Inggris secara online. Terakhir, hasil tes tersebut menunjukkan bahwa siswa-siswa Kelas XII Peminatan IPA dan IPS memiliki nilai rata-rata 60 dan 33 yang berarti pada saat itu mereka belum siap untuk mengikuti tes Literasi Bahasa Inggris.

References

Dudley, J. R. (2020). Social work evaluation: Enhancing what we do. Oxford University Press, USA.

Disnawati, H., Deda, Y. N., Haning, F. O., & Pallo, M. (2022). PKM Bimbingan Menyelesaikan Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) dalam Mempersiapkan Siswa Mengikuti UTBK-SBMPTN. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 1(3), 15-24.

https://doi.org/10.58374/jmmn.v1i3.105

Istiqomah, M., & Saraswati, S. (2020). Peran Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kelompok Kelas Ipa-Ips Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance And Counseling, 1(02), 79-87.

https://doi.org/10.36728/cijgc.v1i02.1186

Kemendikbud. (2023). Pengumuman SNBT. https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Kemendikbud. (2023). Kebijakan SNPMB Mendikbud. https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Kemendikbud. (2023). Komponen di dalam UTBK-SNBT.

https://framework-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Kemendikbud. (2023). Distribusi Kemampuan Kognitif dan Kompleksitas Teks.

https://framework-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

LPTMPT. (2022). Top 1000 Sekolah berdasarkan Nilai UTBK.

https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id/

Sriyati, S. (2022). Analisis Hasil Tes Potensi Skolastik sebagai Indikator Kesiapan Siswa Menghadapi Tes UTBK 2022. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 74-83.

https://doi.org/10.21093/twt.v9i1.4210

Widiyarto, S. (2023). SNBT Debriefing for Students of SMA Kanzul Mubarok Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(3), 217-224.

https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i3.2395

Yulientinah, D. S., Juwita, R., & Resdiana, W. (2020). Identifikasi Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris (Non Program Studi Bahasa Inggris) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Khusus/English For Specific Purposes (ESP) Di Program Studi D4 Akuntansi Keuangan Politeknik Pos Indonesia. Competitive, 15(1), 1-11.

https://doi.org/10.36618/competitive.v15i1.625

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

RESDIANA, W., Yulientinah, D. S., Armiati, S., & Mulyanti, K. (2024). TES LITERASI BAHASA INGGRIS SECARA ONLINE UNTUK MENGUKUR KESIAPAN SISWA DI SNBT 2023/2024. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(3), 760–767. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i3.729

Issue

Section

ART