ANALISIS KINERJA OPERASIONAL DI JNE EXPRESS GUDANG LINE HAUL BANDUNG DENGAN METODE LEAN SERVICE (TA.15.25.041)

HABIBI, MUHAMMAD (2025) ANALISIS KINERJA OPERASIONAL DI JNE EXPRESS GUDANG LINE HAUL BANDUNG DENGAN METODE LEAN SERVICE (TA.15.25.041). Sarjana thesis, Universitas Logistik & Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1i25TykmX048wbVGT...

Abstract

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia berdampak langsung pada meningkatnya volume pengiriman barang. JNE Express, sebagai salah satu perusahaan ekspedisi terbesar, dituntut untuk terus meningkatkan efisiensi operasional. Namun, di Gudang Line Haul Bandung, ditemukan berbagai kendala dalam kinrja operasional yang menyebabkan keterlambatan pengiriman. Keterlambatan ini tidak hanya berdampak pada kepuasan pelanggan, tetapi juga menurunkan performa dan reputasi perusahaan. Oleh karena itu, Kinerja operasional menjadi urgensi yang perlu segera dilakukan. Penelitian ini berusaha menjawab dua pertanyaan utama, Bagaimana kinerja operasional saat ini diterapkan di Gudang Line Haul JNE Bandung, dan Bagaimana menyusun standar kinerja operasional yang lebih optimal dan efisien. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi kinerja operasional yang berjalan serta memberikan usulan perbaikan guna meningkatkan efisiensi proses logistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode Lean Service dan Value Stream Mapping (VSM). Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis untuk mengidentifikasi aktivitas bernilai tambah (Value Added) dan tidak bernilai tambah (Non-Value Added). Kinerja operasional masih mengandung inefisiensi. Usulan perbaikan melalui Future State Map (VSM) dapat mengurangi pemborosan dan meningkatkan efektivitas operasional Kinerja operasional masih mengandung inefisiensi. Usulan perbaikan melalui Future State Map dapat mengurangi pemborosan dan meningkatkan efektivitas operasional. Kata kunci: Kinerja operasional, Lean Service, VSM, Pemborosan, Gudang JNE Bandung.Pengurangan Pemborosan, Aktifitas bernilai tambah, Kepuasan pelanggan, Aktifitas tidak bernilai tambah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Logistik S1
Depositing User: PKL TIGA TIGA
Date Deposited: 26 Sep 2025 04:00
Last Modified: 26 Sep 2025 04:00
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3522

Actions (login required)

View Item View Item