ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI KASUS: PT. INTIDAR UTAMA PERKASA) (TA. 15.25.061)

NUGRAHA, ADITYA BAYU (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI KASUS: PT. INTIDAR UTAMA PERKASA) (TA. 15.25.061). Sarjana thesis, Universitas Logistik & Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1RZon5TQNDlqpWGM2...

Abstract

Masyarakat di Indonesia memiliki tradisi minum teh untuk semua golongan dan tidak mengenal waktu. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut banyak bisnis yang memproduksi teh sehingga terdapat persaingan bisnis oleh berbagai perusahaan. Persaingan dalam industri minuman ringan semakin ketat seiring dengan berkembangnya tren gaya hidup praktis dan meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk minuman siap saji. Teh Botol Sosro sebagai pelopor minuman teh dalam kemasan di Indonesia telah lama menjadi bagian dari keseharian masyarakat, namun tantangan dalam mempertahankan loyalitas konsumen terus meningkat. Di tengah banyaknya pilihan merek baru yang hadir dengan strategi pemasaran agresif dan inovasi produk yang beragam, penting bagi Teh Botol Sosro untuk memahami faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Beberapa faktor utama yang menjadi perhatian dalam studi ini meliputi harga produk, intensitas promosi, efektivitas distribusi, kualitas cita rasa, kekuatan citra merek, serta desain dan fungsi kemasan. Terdapat kendala dalam penjualan Teh Botol Sosro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian Teh Botol Sosro. Dengan mengalanisis faktor-faktor yang berpengaruh diharapkan perusahaan dapat mengambil keputusan dan tindakan yang tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis faktor eksploratori dengan analisis kuantitatif bertujuan mengidentifikasi variabel-variabel yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengolahan data menggunakan sofware SPSS untuk menghitung uji-t dan uji r-square kemudian mengevaluasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 9 faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan 3 faktor yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai uji determinasi berada di bawah skala prioritas untuk perbaikan. Hasil dari variabel- variabel tersebut, “teh botol sosro cocok sebagai minuman pendamping saat makan” memiliki nilai r dan “harga teh botol sosro lebih terjangakau” memiliki pengaruh terbesar. Hasil analisis uji determinasi menunjukkan bahwa variabel- variabel ini secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa terdapat 9 faktor berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Perusahaan perlu fokus pada faktor “teh botol sosro cocok sebagai minuman pendamping saat makan” dan “ harga teh botol sosro lebih terjangkau” untuk meningkatkan keputusan pembelian, perusahaan perlu fokus pada persaingan harga dengan kompetitor dan mengikuti tren di media digital untuk meningkatkan citra merek. Peningkatan pada aspek-aspek tersebut berpengaruh secara signifikan dapat meningkatkan keputusan pembelian. Kata Kunci: Teh, Teh Botol Sosro, Keputusan Pembelian, Analisis Faktor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Logistik S1
Depositing User: PKL TIGA TIGA
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:56
Last Modified: 29 Sep 2025 02:56
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item