ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SECARA ONLINE MENGGUNAKAN PARTIAL LEAST SQUARES (16115022)

Rahman, Rizka Aulia and Arrifen, Afferdhy and Siswanto, Budi Nur (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SECARA ONLINE MENGGUNAKAN PARTIAL LEAST SQUARES (16115022). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)

Abstract

ABSTRAK Keadaan industri e-commerce saat ini sangat kompetitif, perusahaan yang tidak berbenah dan melakukan perkembangan akan tertinggal. Salah satu tujuan dari berbisnis adalah keuntungan, dan keuntungan didapatkan salah satunya adalah dari hasil transaksi pelaku belanja online, disisi lain masih terdapat risiko dan halangan yang menjadi faktor gagalnya transaksi. Dengan memahami dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap suatu keputusan pembelian, diharapkan menjadi solusi atas masalah yang dihadapi baik dari sudut konsumen maupun perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor perilaku konsumen yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk secara online di Tokopedia.Mengetahui faktor perilaku konsumen yang paling dominan terhadap keputusan pembelian produk secara online di Tokopedia. Populasi yang digunakan pada penelitian ini merupakan pelanggan Tokopedia yang pernah berbelanja langsung secara online. Cakupan wilayahnya yaitu kota Bandung dengan jumlah sampel 100 responden. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner, selanjutnya data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Partial Least Squares (PLS) dan software atau aplikasi yang digunakan adalah smartPLS 3.0 Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat 2 (dua) faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk secara online di Tokopedia khususnya wilayah kota Bandung, yaitu: (1) Kemudahan Transaksi, sesuai dengan hasil analisis bahwa kemudahan transaksi memiliki pengaruh “sedang” dengan nilai original sampel sebesar 0.207, artinya semakin dimudahkannya proses transaksi, maka akan semakin meningkat juga hasrat konsumen untuk membeli. (2)Product Risk atau Risiko Produk mendapatkan kriteria sedang dengan nilai -0.242 artinya semakin meningkat risiko produk yang didapatkan konsumen maka semakin menurun hasrat konsumen memutuskan untuk membeli. Dari ke dua faktor tersebut, tidak ada faktor yang dominan tapi keduanya cukup berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Tokopedia. Kata Kunci: Keputusan pembelian, desain website, reputasi vendor, kemudahan transaksi, product risk, financial risk, delivery risk, Partial Least Squares

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:39
Last Modified: 23 Mar 2022 03:39
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item