PEMILIHAN VENDOR 3PL (THIRD PARTY LOGISTICS) UNTUK PENDISTRIBUSIAN PRODUK GARMENT MENGGUNAKAN METODE ANP (ANALYTICAL NETWORK PROCESS) PADA PT BASIL (TA.12.25.039)

HUDAYA, WAFI (2025) PEMILIHAN VENDOR 3PL (THIRD PARTY LOGISTICS) UNTUK PENDISTRIBUSIAN PRODUK GARMENT MENGGUNAKAN METODE ANP (ANALYTICAL NETWORK PROCESS) PADA PT BASIL (TA.12.25.039). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1T3px13RfiMxeE9fs4...

Abstract

Pengambilan keputusan pemilihan vendor Third Party Logistics perlu melihat banyak faktor, saat ini PT BASIL belum menentukan vendor untuk rute pengiriman baru serta sebelumnya pemilihan vendor berdasarkan harga dan ketersediaan armada. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Network Process (ANP) dibantu super decision yang memberikan informasi nilai dalam bentuk bobot, alternatif yang memiliki bobot tinggi menjadi rekomendasi yang disarankan. Hasil pengolahan data dari urutan tertinggi untuk kriteria yaitu pengiriman 19%, pelayanan16%, pengalaman 15%, kualitas 14%, responsive 12%, performance 11%, insurance 7%, harga 5%. Untuk sub kriteria yaitu complain handling yang baik 9,47%, pembayaran 8,92%, kemampuan pemenuhan terhadap jadwal yang ditentukan ketika ada permintaan 8,68%, harga murah 8,29%, komunikasi baik 6,52%, tanggung jawab 6,47%, fleksibel 6,28%, reputasi vendor ketersediaan car carrier ketika ada permintaan 5,23%, keamanan barang 4,94%, kemampuan vendor dalam merespon klaim cacat dan keterlambatan 3,86%, asuransi barang terlambat 3,78%, ketepatan waktu 3,76%, asuransi barang rusak 3,39%, kondisi barang 3,25%, asuransi barang hilang 2,78%, barang tidak cacat, ketepatan kuantitas unit yang diantar dan unit diterima dalam keadaan baik 2,59%, barang tidak hilang 2,47%, kondisi armada 2,07%, akurat 1,38%, dokumen 0,71%, memperhatikan K3 dalam segala aktivitas operasional 0,00%. Untuk alternatif dengan bobot tertinggi yaitu Lion Parcel 36,39%, karena Lion Parcel adalah vendor yang sesuai dengan prioritas kebutuhan perusahaan. Kata Kunci: Analytical Network Process, Bobot Prioritas, Pemilihan Vendor, Super Decision, Third Party Logistics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Transportasi S1
Depositing User: PKL SATU SATU
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:01
Last Modified: 07 Oct 2025 03:01
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item