Hutagaluh, Samuel Togi (2024) EVALUASI LAYANAN PEMBAYARAN REMITTANCE LUAR NEGRI DI KANTOR POS CABANG SUBANG 41200 MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (TA.8.24.045). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
Hutagalung, Samuel Togi. 2024. Evaluasi Layanan Pembayaran Remittance Luar Negeri Di Kantor Pos Cabang Subang 41200 Berdasarkan Persepsi Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Multidimensional Scaling (MDS). Tugas Akhir. Jurusan DIII Administrasi Logistik, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Pembimbing Utama : Gayuh Minang Lati, ST., M.B.A. dan Pembimbing Pendamping: Dr. Ali Mohamad Rezza, S.T., MT. Kata Kunci: Multidimensional Scaling, Layanan Remittance, Persepsi Pelanggan, Kantor Pos Subang 41200 Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis persepsi pelanggan terhadap layanan pembayaran remittance di Kantor Pos Cabang Subang 41200, yang mengalami penurunan signifikan dalam jumlah transaksi remittance selama beberapa tahun terakhir. Dengan menggunakan pendekatan Multidimensional Scaling (MDS), penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan posisi kompetitif Kantor Pos Subang dibandingkan dengan tiga pesaing utama di wilayah tersebut, yaitu Bank BJB, BRI, dan BNI. Data penelitian diperoleh melalui survei yang melibatkan pelanggan yang mengambil uang remittance luar negeri di Kantor Pos Subang, di mana mereka diminta untuk mengevaluasi berbagai aspek layanan yang mereka terima. Analisis MDS menghasilkan peta persepsi yang memvisualisasikan posisi layanan pembayaran remittance Kantor Pos Subang di mata pelanggan dibandingkan dengan pesaingnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa aspek layanan yang dipersepsikan secara negatif oleh pelanggan, seperti kecepatan transaksi, keramahan staf, dan kejelasan informasi yang diberikan. Persepsi negatif ini diyakini berkontribusi terhadap penurunan jumlah transaksi yang signifikan di Kantor Pos Subang. Lebih lanjut, penelitian ini mengidentifikasi atribut layanan yang harus ditingkatkan oleh Kantor Pos Subang untuk memenuhi ekspektasi pelanggan dan memperkuat daya saingnya di pasar remittance yang semakin kompetitif. Rekomendasi perbaikan yang diajukan mencakup peningkatan pelatihan staf, penerapan teknologi informasi yang lebih efisien, serta peningkatan komunikasi dan transparansi dalam layanan. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa dengan perbaikan pada aspek-aspek tertentu, Kantor Pos Subang dapat memperbaiki persepsi pelanggan dan meningkatkan volume transaksi remittance di masa mendatang.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor | 
| Divisions: | Sekolah Vokasi > Administrasi Logistik D3 | 
| Depositing User: | PKL ENAM ENAM | 
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:08 | 
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:08 | 
| URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3860 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        