OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI BERAS PADA P.D. SRIKANDI MENGGUNAKAN METODE CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS DI PASAR JOHAR KABUPATEN KARAWANG

SAZALI, BAIHAKI NASAI (2025) OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI BERAS PADA P.D. SRIKANDI MENGGUNAKAN METODE CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS DI PASAR JOHAR KABUPATEN KARAWANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1IqjBeBIkU23b0yQR...

Abstract

ABSTRAK Distribusi beras merupakan komponen penting dalam rantai pasok pangan yang memengaruhi ketersediaan dan stabilitas harga beras di pasar. PD. Srikandi,sebagaisalah satu distributor beras di Kabupaten Karawang, menghadapi tantangandalam mengoptimalkan rute distribusi, seperti keterlambatan pengiriman akibat belum memiliki sistem penjadwalan yang terstruktur, jaringan distribusi yang belum optimal, pemanfaatan kapasitas kendaran yang belum optimal, dan biaya operasional yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) yang dikombinasikan dengan Saving Matrix dan Nearest Neighbor. Data yang digunakan meliputi jarak antar lokasi, waktu tempuh, kapasitas kendaraan, dan batasan waktu pengiriman. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan data sekunder dari PD. Srikandi. Metode Saving Matrix digunakan untuk mengidentifikasi penghematan jarak dan waktu, sementara Nearest Neighbor digunakan untuk menentukan urutan pengiriman yang paling efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) dengan kombinasi metode Saving Matrix dan Nearest Neighbor berhasil mengoptimalkan rute distribusi beras yang dimana pada kondisi eksisting pendistribusian beras dapat menempuh jarak sejauh 123 km. Tiga rute optimal yang dihasilkan adalah: rute pertama (DSKD-G-B-Q-J-DSKD) dengan total jarak 18 km, rute kedua (DSKD-K-E-O-H-DSKD) dengan total jarak 12 km, dan rute 3 (DSKD-M-F-I-P-N-A-D-C-L-DSKD) dengan total jarak 109 km. Optimasi ini berhasil mengurangi total jarak tempuh, waktu pengiriman, dan biaya operasional, terutama pada konsumsi bahan bakar dan biaya tenaga kerja. Selain itu, PD. Srikandi berhasil menghemat biaya operasional kendaraan sebesar Rp 3.904.334/bulan (31,06%) dari total biaya sebelumnya. Penghematan ini terutama bersumber dari penurunan drastis biaya bahan bakar (53,01%) akibat pemangkasan jarak tempuh, efisiensi pemeliharaan kendaraan, dan optimalisasi waktu kerja tenaga manusia Penelitian ini membuktikan bahwa metode CVRPTW, metode Saving Matrix dan Nearest Neighbor efektif dalam mengoptimalkan rute distribusi beras pada PD. Srikandi. Pada kondisi eksisting pendistribusian beras PD. Srikandi dapat menempuh jarak sejauh 123 km, sedangkan pada rute usulan pendistribusian beras jarak total yang ditempuh sejauh 57,8 km. Artinya PD. Srikandi dapat menghemat jarak tempuh sebesar 65,2 km dan dapat mengurangi biaya operasional sebesar 31,06% dari biaya operasional sebelumnya. Dengan mengurangi jarak tempuh dan biaya operasional, serta memastikan pengiriman tepat waktu, metode ini dapat meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk vii memperbaiki infrastruktur dan mengadopsi teknologi modern guna mendukung distribusi yang lebih efisien. Kata Kunci: Distribusi Beras, Optimasi Rute, CVRPTW, Saving Matrix, Nearest Neighbor, Biaya Operasional Kendaraan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Logistik S1
Depositing User: PKL TIGA TIGA
Date Deposited: 30 Oct 2025 02:54
Last Modified: 30 Oct 2025 02:54
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3880

Actions (login required)

View Item View Item