ANALISIS KINERJA ALAT BONGKAR MUAT TERHADAP PRODUKTIFITAS BONGKAR MUAT CONTAINER DI TERMINAL PETIKEMAS SEMARANG PT. PELABUHAN INDONESIA III REGIONAL JAWA TENGAH (KP.16.16.19.84)

Azizi, Lativa and Sihombing, Tulus Martua and Suntoro, Suntoro (2019) ANALISIS KINERJA ALAT BONGKAR MUAT TERHADAP PRODUKTIFITAS BONGKAR MUAT CONTAINER DI TERMINAL PETIKEMAS SEMARANG PT. PELABUHAN INDONESIA III REGIONAL JAWA TENGAH (KP.16.16.19.84). [Teaching Resource]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)

Abstract

6.1 Kesimpulan 1. Dari seluruh tahap-tahap penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pada penelitian ini dirancang sebuah Sistem Informasi dalam kegiatan produktivitas bongkar muat (B/C/H) di Pelabuhan Peti Kemas Semarang. Sistem informasi ini dirancang dikarenakan Terminal Peti Kemas Semarang, Pelabuhan Pelindo III regional Jawa Tengah, masih menggunakan metode manual dalam proses penginputan data produktivitas bongkar muat tersebut. Oleh karena itu sistem informasi menggunakan Microsoft Access ini, maka output yang didapat adalah berupa laporan nilai B/C/H produktifitas perhari nya di Terminal Peti Kemas Semarang, Pelabuhan Pelindo III regional Jawa Tengah. 2. Untuk nilai produktifitas bongkar muat (B/C/H) yang didapatkan menggunakan sistem informasi produktivitas bongkar muat berbasis Microsoft Access 2019 yaitu a. Pada bulan juli 2019 ,B/C/H perkapal nya yaitu B/C/H yang didapat perkapal nya yaitu dengan Vessel Id: W216045, Vessel Name: WAN HAI 216, Total Moves: 229, waktu kerja alat: 11 sedangkan nilai B/C/H yang didapat adalah 20. Untuk bulan juli 2019 total B/C/H perbulan nya 22. Total kapal yang masuk ada 72 kapal bongkar muat, setiap kapal memiliki B/C/H berbeda-beda. b. Selanjut nya Pada bulan Agustus 2019 ,B/C/H perkapal nya B/C/H yang didapat perkapal nya yaitu dengan Vessel Id: CSHO004, Vessel Name: CSCL HOUSTON, Total Moves: 227, waktu kerja alat: 10 jam sedangkan nilai B/C/H yang didapat adalah 22. Total kapal pada bulan Agustus ada 67 kapal dengan nilai B/C/H yang berbeda-beda setiap bongkar muat perkapalnya. Nilai B/C/H untuk bulan Agustus sendiri yaitu 23. c. Selanjut nya Pada bulan Juli 2018, B/C/H perkapal nya yaitu B/C/H yang didapat perkapal nya yaitu dengan Vessel Id: MOGU020, Vessel Name: MOUNT GOUGH, Total Moves: 393, waktu kerja alat: 11, sedangkan nilai B/C/H yang didapat adalah 35. Total kapal pada bulan Juli ada 69 kapal 85 dengan nilai B/C/H yang berbedas-beda setiap bongkar muat perkapalnya. Total B/C/H yang didapat untuk bulan ini yaitu 24. d. Selanjut nya Pada bulan Agustus 2018, B/C/H perkapal nya yaitu B/C/H yang didapat perkapal nya yaitu dengan Vessel Id: KOPA034, Vessel Name: KOTA TAMPAN, Total Moves: 473, waktu kerja alat: 23, Sedangkan nilai B/C/H yang didapat adalah 20. Total kapal pada bulan Agustus ada 73 kapal dengan nilai B/C/H yang berbeda-beda setiap bongkar muat perkapalnya. Total B/C/H yang didapat untuk bulan ini yaitu 25. 3. Setelah adanya pengurangan alat akibat insiden yang terjadi di TPKS tersebut akibat nya aktifitas kinerja bongkar muat berpengaruh pada target kinerja B/C/H nya, yang mengakibatkan turun nya target B/C/H pada bulan juli dan agustus 2019 dan mengakibatkan lamanya proses bongkar muat yang terjadi sedangkan untuk target B/C/H turun atau tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 Mar 2022 09:02
Last Modified: 23 Mar 2022 09:02
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item