MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DENGAN PENDEKATAN SEGMEN TARGET POSITIONING

Adiprasetyo, Wahyudi and Lestiani, Melia Eka (2019) MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DENGAN PENDEKATAN SEGMEN TARGET POSITIONING. Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi, 5 (3). pp. 207-219. ISSN 2442-9341

[img] Text
04. Wahyudi_2019_Jurnal_MLT_Vol_5_No_3.pdf

Download (322kB)

Abstract

ABSTRAK Perusahaan perlu mengidentifikasi segmen pasar yang dapat dilayaninya secara efektif agar strategi pemasaran yang akan diterapkan dapat dijalankan dan diterima oleh segmen yang akan dilayani. Dalam penelitian ini yang diteliti adalah segmen yang menggunakan salah satu Pendingin Ruangan buatan pabrik lokal yang berafiliasi di Tiongkok. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi variabel yang berpengaruh. Kedua mengembangkan profil setiap segmen dengan memakai konsep Analysis Factor dan melakukan Clustering yang menghasilkan tiga segmen. Ketiga mengevaluasi daya tarik setiap segmen dengan menggunakan metode Analisis Hirarki Proses (AHP) hingga terpilih satu segmen yang menjadi target sasaran. Hasil targeting menetapkan segmen konsumen yang didominasi oleh responden yang berstatus belum menikah dan bertempat tinggal dengan komposisi tertinggi di daerah perumahan umum. Kebanyakan konsumen adalah karyawan, mereka mendapatkan barang setelah melihat pameran produk tersebut termasuk konsumen yang memerlukan kejelasan produk dan termasuk konsumen berpenghasilan menengah. Responden juga tidak begitu sensitif terhadap merek ternama dan tidak begitu mempermasalahkan pelayanan dan promosi. Hasil analisis menjelaskan penempatan posisi produk lokal Pendingin Ruangan membangun persepsi bahwa produk tersebut unggul dalam hal Kualitas dan Harga sehingga diposisikan sebagai produk yang dipilih oleh pengguna sebagai yang ekonomis dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang berpenghasilan menengah. Kata Kunci: Segmen Target Positioning, Analisis Hirarki Proses (AHP), Analisis Faktor, Clustering ABSTRACT Companies need to identify market segments that can be effectively served so that the marketing strategies that will be implemented can be implemented and accepted by the segments to be served. In this study, the segment examined used one of the air conditioners made in a local factory affiliated in China. The first step taken is to identify the influential variables. The second is developing the profile of each segment by using the Analysis Factor concept and Clustering which produces three segments. The third evaluates the attractiveness of each segment by using the Process Hierarchy Analysis (AHP) method until one segment is selected as the target. The targeting results determine the consumer segment that is dominated by respondents who are single and live in the highest composition in the public housing area, most consumers are employees, they get goods after seeing the product exhibition including consumers who need product clarity and include middle income consumers. Respondents are also not very sensitive to well-known brands and are not too concerned about service and promotion. The results of the analysis explain the placement of local products Air Conditioning building a perception that the product is superior in terms of quality and price so that it is positioned as a product chosen by the user as economical and can meet the needs of middle-income users. Keywords: Target Positioning Segment, Process Hierarchy Analysis (AHP), Factor Analysis, Clustering

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Feb 2022 08:03
Last Modified: 16 Feb 2022 08:03
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item