PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN INTERNAL TERHADAP PRESTASI KERJA DI PT RM TRANSINDO (KP 13.16.19.30)

Ayu, Desak Made Sastrika and Nariendra, Pradhana W. (2019) PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN INTERNAL TERHADAP PRESTASI KERJA DI PT RM TRANSINDO (KP 13.16.19.30). [Teaching Resource]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)

Abstract

4.1Kesimpulan Berdasarkan analisis yang telah dilakukan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Kepuasan pelanggan internal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja. Dimana prestasi kerja 86.2% dipengaruhi oleh kepuasan kerja karyawan terhadap pekerjaannya, imbalan yang diterima, supervisi atasan, rekan kerja, serta promosi yang diberikan oleh perusahaan. Sedangkan 13.8% dipengaruhi oleh hal-hal lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. 2. Secara teoritis, supervisi atasan dan rekan kerja lebih berpengaruh terhadap prestasi kerja dibandingkan dengan variabel lainnya. Yaitu supervisi atasan berpengaruh sebesar 0.818 atau 81.8% terhadap prestasi kerja karyawan serta rekan kerja berpengaruh 0.889 atua 88.9% terhadap prestasi kerja karyawan. 3. Model pengaruh kepuasaan pelanggan internal terhadap prestasi kerja yang dihasilkan yaitu: Y=1.929+0.92X1+0.123X2+0.036X3+0.801X4-0.69X5 yang berarti Konstanta sebesar 1.929 meyatakan bahwa jika tidak ada kepuasan kerja atau kepuasan kerja sama dengan 0, maka prestasi kerja yang dihasilkan adalah 1.929. Koefisien regresi X1 sebesar 0.92 menyatakan bahwa setiap kenaikan satu kepuasan terhadap pekerjaan akan meningkatkan prestasi kerja karyawan sebesar 0.92. Koefisien regresi X2 sebesar 0.123 menyatakan bahwa setiap kenaikan satu kepuasan terhadap imbalan akan meningkatkan prestasi kerja karyawan sebesar 0.123. Koefisien regresi X3 sebesar 0.036 menyatakan bahwa setiap kenaikan satu kepuasan terhadap supervisi atasan akan meningkatkan prestasi kerja karyawan sebesar 0.036. Koefisien regresi X4 sebesar 0.801 menyatakan bahwa setiap kenaikan satu kepuasan terhadap rekan kerja akan meningkatkan prestasi kerja karyawan sebesar 0.801. Koefisien regresi X5 sebesar -0.69 menyatakan bahwa setiap penurunan satu kepuasan terhadap kesempatan promosi akan meningkatkan prestasi kerja karyawan sebesar 0.69. Dimana biasanya jika kesempatan promosi yang diberikan perusahaan tinggi maka kepuasan kerja juga tinggi. Namun, dilihat dari hasil kuesioner menyatakan bahwa pelanggan internal dalam perusahaan cukup puas dan merasa adil dengan promosi yang diberikan perusahaan namun data prestasi kerja karyawan justru menurun untuk 10 bulan terakhir. 4. Setelah dilakukan pengulangan uji prasyarat analisis dengan mengeliminasi X5 karena dianggap tidak dapat menjelaskan keadaaan yang sebenarnya, diperoleh model baru Y=1.929+0.92X1+0.123X2+0.360X3+0.801X4

Item Type: Teaching Resource
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 25 Mar 2022 02:54
Last Modified: 25 Mar 2022 02:54
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item