Pakpahan, Hartati M. and Nugroho, Febryan Setyo and Dewi, Nurlaela Kumala (2020) ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI ANTARA KAPAL LAUT DAN PESAWAT UNTUK PENGIRIMAN EKSPOR GARMENT. Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi, 6 (3). pp. 180-195. ISSN 2442-9341
Text
Page_180-195_Hartati_MP_2020_Jurnal_MLT_Vol_6_No_3.pdf Download (491kB) |
Abstract
ABSTRAK Pengguna jasa mempunyai persepsi yang berbeda dalam memilih moda transportasi yang akan digunakan. Dalam penelitian ini akan mengkaji variabel-variabel apakah yang signifikan mempengaruhi eksportir garment dalam pemilihan moda transportasi untuk mengekspor barang dagangannyake luar negeri dengan menggunakan model Logit Biner dengan pendekatan dissagreegat. Berdasarkan hasil studi dan estimasi parameter dengan regresi logistik untuk tingkat signifikansi 0,05, didapat model pemilihan moda adalah sebagai berikut: Prob(Pswt) = 1 1 + e- (12,906 – 3,454 X1 + 2,469 X2 – 2,378 X3 + 1,894 X5 + 2,862 X12) Di mana: P(Pswt) = Probabilitas pemilihan moda pesawat, P(KL) = Probabilitas pemilihan moda kapal laut, X1 = Lama waktu pengiriman barang, X2 = ketepatan waktu pengiriman barang, X3 = Ongkos kirim, X5 = rata-rata penjualan per bulan, X12 = Kecepatan bongkar/muat barang. Dari model tersebut diperoleh probabilitas rata-rata pemilihan moda pesawat adalah 33,31% sedangkan untuk moda kapal laut sebesar 66,69% dan preferensi relatif pengguna jasa adalah pada moda kapal laut. Dari hasil analisis sensitivitas terhadap 5 (lima) variabel pelayanan pada model yang terbentuk, bahwa variabel X1 (lama waktu pengiriman barang) dan variabel X3 (ongkos kirim) adalah yang paling besar pengaruhnya terhadap perubahan pangsa pasar jika dilakukan perbaikan kualitas layanan. Kata Kunci: pemilihan moda, logit biner, pesawat, kapal laut ABSTRACT The service users have different perceptions in choosing mode of transportation that will be used. In this research, the variables that will significantly affect the garment exporters in choosing transportation modes to export their goods by using the Binary Logit model with a dissagreegat approach. Based on the results of research and estimation of parameters with logistic regression for a significance level of 0.05, the mode selection models obtained are as follows: Prob(air) = 1 1 + e- (12,906 – 3,454 X1 + 2,469 X2 – 2,378 X3 + 1,894 X5 + 2,862 X12) P(air) = Probability of air shipping mode choice, P(sea) = Probability of sea shipping mode choice, X1 = length of time of delivery goods, X2 = punctuality of delivery goods, X3 = freight cost, X5 = average sales per month, X12 = loading/ unloading speed of goods. From this model, the probability of choosing air shipping mode is 33.31%, while for sea shipping mode is 66.69% and the relative preference of service users is on sea shipping mode. The results of the sensitivity analysis of five service variables in the formed model, variable X1 (time of delivery goods) and variable X3 (freight cost) are the biggest influences on changes in market share if service quality is improved. Key Words: mode choice, binary logit, air shipping, sea shipping
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 08:37 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 08:37 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/46 |
Actions (login required)
View Item |