PENGENDALIAN KUALITAS TRANSPORTASI PADA PROSES PENDISTRIBUSIAN PRODUK AQUA GALON DI PT. AQUA GOLDEN MISISSIPI MEKARSARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA. (TA 13.16.20.30)

Situmorang, Maria Goreti Anita Sulastri and Purnama, Anggi Widya and Lestiani, Melia Eka (2020) PENGENDALIAN KUALITAS TRANSPORTASI PADA PROSES PENDISTRIBUSIAN PRODUK AQUA GALON DI PT. AQUA GOLDEN MISISSIPI MEKARSARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA. (TA 13.16.20.30). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)

Abstract

ABSTRAK Kebutuhan akan air bersih akan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun akibat dari pertumbuhan penduduk yang sangat pesat. Permasalahan ini dibaca oleh beberapa perusahaan untuk memproduksi air mineral dalam kemasan. Salah satunya PT. AQUA Golden Misissipi yang bergerak di perusahaan air minum dalam kemasan. Dalam pendistribusian produknya masih belum tercapai dilihat dari delivery service level yang belum memenuhi target sebesar 98%. Ini diakibatkan oleh kinerja transportasi. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan Six Sigma. Metode six sigma merupakan salah satu metode pengendalian kualitas untuk mengurangi tingkat kecacatan/kegagalan. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan untuk mengukur keberhasilan dan kegagalan kinerja transportasi, mengetahui penyebab dan memberikan usulan terbaik dalam mengatasi permasalahan transportasi. Dari hasil pengolahan data menggunakan six sigma menunjukkan terdapat 3 CTQ dengan jenis kegagalan dalam proses pemeriksaan shipment order dan armada yaitu armada tidak tersedia, armada rusak dan armada terlambat. Nilai DPMO yang dihasilkan selama 3 bulan dari Bulan Oktober – Desember sebesar 37266 sehingga nilai sigma yang didapat sebesar 3,28. Dan jenis kegagalan yang dominan adalah armada terlambat dengan presentasi sebesar 57% yang ditinjau dari kecacatan selama 3 bulan dari Bulan Oktober – Desember 2019 sebesar 1064 armada. Faktor yang mempengaruhi keterlambatan transportasi dalam pengiriman faktor manusia faktor sistem, faktor biaya, faktor lingkungan.Usulan perbaikan yang bisa dilakukan dalam mengatasi permasalahan kinerja transportasi yaitu sebagai berikut Menerapkan standar operation procedure, checklist pemeriksaan kendaraan, jadwal piket dan sanksi serta pelanggaran yang telah dibuat pada tahap control, sehingga kinerja transportasi dapat berjalan sesuai dengan procedure yang telah dibuat, diharapkan kesalahan dapat diminimalisir dan tingkat sigma semakin naik. Kata kunci : Six Sigma, DMAIC, Delivery Servis Level, Transportasi ix STIMLOG Indonesia ABSTRACT The need for clean water will continue to increase year after year due to the rapid population growth. This problem is read by some companies to produce bottled mineral water. One of them is PT. AQUA Golden Misissipi engaged in bottled water company. In the distribution of products still not achieved judging by the delivery service level that has not met the target of 98%. This is due to transport performance. This issue can be resolved by using Six Sigma. The six sigma method is one of the quality control methods to reduce the level of disability/failure. In this study, calculations were carried out to measure the success and failure of transportation performance, know the causes and provide the best proposals in addressing transportation problems. The results of data processing using six sigma show there are 3 CTQ with type of failure in the shipment order inspection process and the fleet is not available, the fleet is damaged and the fleet is late. The value of DPMO generated for 3 months from October to December was 37266, resulting in a sigma value of 3.28. And the dominant type of failure was the overdue fleet with a 57% presentation reviewed from defects for 3 months from October – December 2019 amounting to 1064 fleets. Factors that affect transportation delays in the delivery of human factors factor the system, cost factors, environmental factors. Proposed improvements that can be made in addressing transportation performance issues are as follows Applying standard operating procedure, vehicle inspection checklist, picket schedule and sanctions and violations that have been made at the control stage, so that transportation performance can run in accordance with the procedure that has been made, it is expected that mistakes can be minimized and sigma levels are increasing. Keywords: Six Sigma, DMAIC, Delivery Service Level, Transportatio

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:43
Last Modified: 22 Feb 2022 04:14
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item