Roshika Putri, Hanna and Adriant, Irayanti and Martua Sihombing, Tulus (2021) ANALISIS HAMBATAN DALAM KEGIATAN PEMASUKAN BARANG KEDALAM GUDANG PT. ERAFISTA INDAH SEBAGAI KLIEN DARI KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI CIKARANG(KP.16.18.21.97). [Teaching Resource]
Text
BAB I ROSHIKA.pdf Download (95kB) |
Abstract
Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cikarang adalah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai dibawah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Didirikanya kantor KPPBC TMP Cikarang ini juga merupakan sebuah bukti dukungan DJBC terhadap dunia industri demi memperlancar perdagangan , maka keberadaan Kantor Bea Cukai Cikarang sangat dibutuhkan karena berada di kawasan pusat industri. Dalam Melaksanakan Tugasnya wilayah Kerja KPPBC TMP Cikarang Meliputi Kabupaten Bekasi disebelah utara jalan tol , kecuali kecamatan cikarang barat , Tambun selatan , dan Cibitung , serta fokus pengawasan KPPBC TMP Cikarang meliputi pengawasan terhadap KPPT - CDP ( Cikarang Dry Port ) , Perusahaan Tempat Penimbunan Berikat (TPB) serta NPPBKC dan peredaran barang Kena Cukai. KPPBC TMP Cikarang dalam menjalankan tugas dan fungsinya di dukung oleh Seksi Pelayanan Kepabaeanan dan Cukai (PKC) , Seksi Perbendaharaan , Seksi Penindakan dan Penyidikan , Seksi Kepatuhan Internal , Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi , Seksi Manifes , Subbagian Umum , Seksi Pengelolaan data dan Administrasi Dokumen , Seksi Kepatuhan Internal , dan Pejabat Fungsional Pemeriksa Dokumen. Tugas Pokok DJBC Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, pelayanan dan optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan. Namun, terdapat permasalahan yang menjadi bahasan dalam laporan ini. PLB (Pusat Logisti Berikat) adalah salah satu fasilitas logistik yang diberikan oleh Bea dan Cukai untuk mendapatkan kemudahan dalam kegiatan ekspor dan impor. Salah satu klien dari KPPBC Cikarang, yaitu PT. Erafista Indah sebagai tempat observasi untuk pembuatan laporan Kerja Praktik ini. Terdapat permasalahan yang terjadi didalam Gudang perusahaan ini, dimana terdapat hambatan dalam kegiatan pemasukan barang kedalam gudang. Terdapat beberapa usulan yang diberikan oleh penulis dalam laporan ini, diantara lain: Perlunya Pengelolaan Manajemen SDM yang baik, Membuat perencanaan barang masuk lebih baik lagi, Perlunya penambahan sarana pengangkut gudang (Forklift), Perlunya Evaluasi SOP, Memperbaiki Kinerja dari Pemasukan barang, Membuat Alternatif Area Parkir dan Keluar masuk Gudang. Semua usulan yang diberikan oleh penulis, sudahh dijelsakan pada sub bab Pemecahan Masalah dengan sejelas-jelasnya
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 03:03 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 03:03 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/595 |
Actions (login required)
View Item |