Analisis Kualitas Pelayanan dan Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang Menggunakan Metode Quality Function Development (QFD) di PT.Sinar Jaya Megah Langgeng (Sinar Jaya Group) (TA 13.14.18.02)

Septiyawan, Dimas Indra (2018) Analisis Kualitas Pelayanan dan Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang Menggunakan Metode Quality Function Development (QFD) di PT.Sinar Jaya Megah Langgeng (Sinar Jaya Group) (TA 13.14.18.02). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
1.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Semakin banyak perusahaan transportasi bus yang mengembangkan bisnisnya melalui pengiriman barang, semakin banyak pula strategi yang dilakukan untuk memperebutkan pelanggan. Salah satu strategi penting yang dilakukan oleh perusahaan transportasi bus adalah meningkatkan kualitas pelayanan. Hal ini dilakukan guna mencapai keunggulan kompetitif agar kinerja perusahaan menjadi lebih baik dan berujung pada kepuasan pelanggan. Pada penelitian ini kualitas pelayanan dapat diukur dengan metode Quality Function Development (QFD) atau House of Quality untuk mendapatkan usulan perbaikan. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan menggunakan analisis matrik SWOT, strategi persaingan yang tepat diterapkan pada Sinar Jaya Group untuk saat ini adalah strategi Strength dan Threat. Pada perhitungan yang telah dilakukan menggunakan metode Quality Function Development (QFD),didapatkan prioritas perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Sinar Jaya Group dengan membuat SOP pengiriman barang berada pada prioritas pertama dengan bobot persentase 26% dengan usulan perbaikan bekerjasama dengan jasa ekspedisi lain tentang cara penyusunan SOP pengiriman barang yang terencana, jelas,efisien dan efektif, melakukan evaluasi di semua bidang untuk meningkatkan kualitas pelayanan pengiriman barang, berkomunikasi dengan pelanggan pengiriman barang dengan mencoba mencari informasi kenginan dan harapan pengguna terhadap kualitas pelayanan pengiriman barang. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Strategi Persaingan, House of Quality. ABSTRACT The more bus transportation companies that develop their businesses through the delivery of goods, the more strategies are taken to fight for customers. One important strategy carried out by bus transportation companies is to improve service quality. This is done to achieve competitive advantage so that the company's performance will improve and lead to customer satisfaction. In this study the quality of service can be measured by the Quality Function Development (QFD) or House of Quality method to get improvement proposals. Based on the calculations that have been carried out using the SWOT matrix analysis, the competition strategy that is rightly applied to Sinar Jaya Group for now is the Strength and Threat strategy. In the calculation that has been carried out using the Quality Function Development (QFD) method, the priority is to improve the quality of service in Sinar Jaya Group by making the SOP of the delivery of goods in the first priority with a percentage weight of 26% 2 with the proposed improvements in cooperation with other expedition services on how to prepare A planned, clear, efficient and effective goods delivery SOP evaluates in all fields to improve the quality of goods delivery services, communicates with goods delivery customers by trying to find information about users' expectations and expectations of the quality of the freight forwarding service. Keywords: Service Quality, Competition Strategy, House of Quality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:44
Last Modified: 12 Apr 2022 03:44
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item