MENGUKUR KUALITAS LAYANAN CIKARANG DRY PORT DENGAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (TA 13.17.21.56)

Putra, Nandhi Tri Rizki and Dewi, Nurlaela Kumala and Purnama, Anggi Widya (2021) MENGUKUR KUALITAS LAYANAN CIKARANG DRY PORT DENGAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (TA 13.17.21.56). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)

Abstract

ABSTRAK Logistik merupakan bagian dari proses rantai pasok yang berfungsi, merencanakan, melaksanakan, mengontrol secara efektif, efisien proses pengadaan, pengelolaan, penyimpanan barang, pelayanan dan informasi mulai dari titik awal (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen. Konsep Pelabuhan darat (Dry Port) yang berfungsi seperti Pelabuhan laut pada umumnya, sebagai penunjang kegiatan ekspor dan impor barang serta komoditas yang dihasilkan menyebabkan harus ada penunjang pendistribusian barang dalam transportasi multi moda. (MP3EI). Salah satu cara untuk mengukur kinerja pelayanan jasa dengan menggunakan metode servqual dan IPA dengan mengukur kualitas secara kuantitatif dalam bentuk kuisioner yang mengandung dimensi-dimensi kualitas jasa, yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty. Dari perhitungan servqual terdapat 1 atribut dengan nilai GAP yang sangat tinggi, yaitu atribut E15 pada dimensi empathy dengan kriteria pelayanan kepedulian terhadap kebutuhan dan keinginan pelanggan. Pada perhitungan IPA, atribut yang termasuk dalam kuadran I, III , dan IV harus mendapat perhatian lebih dalam pelaksanaannya karena dirasa kurang oleh konsumen Rb3 yaitu kemudahan proses pengiriman dan penerimaan barang, Rb4 kemudahan konsolidasi barang, Res8 yaitu cepat menindaki keluhan pelanggan, Res9 yaitu tersedia saran untuk menyampaikan keluhan, E16 yaitu melayani dengan adil, T22 yaitu terdapat depo pemeliharaan dan perawatan peralatan bongkar muat, T23 yaitu terdapat depo pemeliharaan dan perawatan container, dan T24 yaitu tempat parkir yang luas, Rb 6 yaitu sistem keamanan dan pengawasan yang terintegrasi, Res7 yaitu cepat dan tanggap dalam melayani pelanggan, A11 yaitu petugas bersikap ramah dan sopan pada dalam melayani pelanggan, A13 yaitu informasi pelayanan mudah diperoleh, jelas serta mudah dimengerti, A14 yaitu adanya jaminan keamanan dan keselamatan barang dari kerusakan dan hilang. E15 yaitu kepedulian terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen, T21 yaitu peralatan bongkar muat yang memadai. Kata Kunci : Logistik, Dry Port, Servqual, IPA ABSTRACT Logistics is part of the supply chain process that functions, plans, implements, controls effectively, efficiently the process of procurement, management, storage of goods, services and information from the point of origin to the point of consumption with the aim of meeting consumer needs. The concept of a land port (Dry Port) which functions like a sea port in general, as a supporter of export and import activities of goods and commodities produced, requires supporting the distribution of goods in multi-modal transportation. (MP3EI). One way to measure service performance is using the servqual and IPA methods by measuring quality quantitatively in the form of a questionnaire containing the dimensions of service quality, namely Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. From the servqual calculation, there is 1 attribute with a very high GAP value, namely the E15 attribute on the empathy dimension with the service criteria caring for the needs and desires of customers. In the calculation of IPA, the attributes included in quadrants I, III, and IV should receive more attention in their implementation because consumers feel they are lacking Rb3 namely the ease of sending and receiving goods, Rb4 the ease of consolidating goods, Res8 which is quick to act on customer complaints, Res9 which is available suggestions for submitting complaints, E16 is serving fairly, T22 is there is a maintenance depot and loading and unloading equipment maintenance, T23 is there is a container maintenance and care depot, and T24 is a large parking lot, Rb 6 is an integrated security and supervision system, Res7 namely fast and responsive in serving customers, A11, namely the officers are friendly and polite in serving customers, A13, namely service information is easy to obtain, clear and easy to understand, A14 is a guarantee of security and safety of goods from damage and loss. E15 is concerned for the needs and desires of consumers, T21 is adequate loading and unloading equipment. Keyword: Logistic, Dry Port, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 22 Feb 2022 05:50
Last Modified: 22 Feb 2022 05:50
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item