Nazila, Ikhda Shifa and Dewi, Nurlaela Kumala and Purnama, Anggi Widya (2021) Analisis tarif ideal pengiriman benang pintal putih untuk rute salatiga - serang dan salatiga - bandung ( studi kasus : cv: merbabu trans ) (TA 13.15.21.54). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.
Full text not available from this repository.Abstract
vii STIMLOG Indonesia ABSTRAK Ikhda Shida Nazila, Program Studi Manajemen Transportasi, Analisis Tarif Ideal Pengiriman Benang Pintal Putih Untuk Rute Salatiga – Serang dan Salatiga – Bandung (Studi Kasus: CV. Merbabu Trans) Selama kurang lebih tujuh tahun, CV. Merbabu Trans telah dipercaya oleh mitra utamanya yaitu PT. Primayudha Mandirijaya untuk mengirimkan benang pintal putih ke gudang konsumennya yang berlokasi di Kota Bandung dan Kota Serang. Akan tetapi karena adanya pandemi Covid-19, jumlah pengiriman dari rute Salatiga – Bandung yang semula satu armadanya diberi target 14 rit per bulan mengalami penurunan menjadi 10 rit per bulan. Hal serupa juga terjadi pada rute pengiriman Salatiga – Serang yang semula satu armada diberikan target 6 rit per bulan menjadi 4 rit per bulan. Meskipun terjadi penurunan total ritase pengiriman, tarif yang berlaku tetaplah sama yaitu sebesar Rp3.155.000/Truk-Rit untuk rute pengiriman Salatiga – Bandung dan Rp3.600.000/Truk-Rit untuk rute Salatiga – Serang. Menurut pihak manajemen, tarif yang berlaku saat ini menyulitkan CV. Merbabu Trans karena keuntungan bersih yang diperoleh sangatlah minim yaitu kurang dari 10% per tahun. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perhitungan biaya operasional kendaraan yang terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel yang selanjutnya diakumulasikan hingga didapatkan hasil tarif ideal, Break Even Point (BEP), dan Return Of Investment (ROI). Berdasarkan hasil analisis, tarif ideal berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Salatiga – Bandung adalah Rp3.386.480/Truk-Rit atau setara dengan Rp4.090/Truk-Km dengan pengembalian modal pada rit ke-64 dan keuntungan bersih sebesar 15% per tahun. Sedangkan untuk rute pengiriman Salatiga – Serang tarif yang ideal adalah Rp3.947.283/Truk-Rit atau setara dengan Rp3.084/Truk-Km dengan pengembalian modal pada rit ke-32 dan keuntungan bersih sebesar 13% per tahun. Kata Kunci: Biaya Operasi Kendaraan, Tarif Ideal, BEP, ROI viii STIMLOG Indonesia ABSTRACT Ikhda Shifa Nazila, Management of Transportation, Ideal-Tariff Rates Analysis of White Polyester Spun Yarn Delivery from Salatiga – Serang and Salatiga – Bandung (A Case Study: CV. Merbabu Trans) For about seven years, CV. Merbabu Trans has been trusted by its main partner, namely PT. Primayudha Mandirijaya to deliver white polyester spun yarns to its consumer warehouses located in Bandung and Serang. However, due to the Covid-19 outbreak, the number of deliveries from Salatiga - Bandung, whose one fleet target originally 14 round trips per month, has decreased to 10 round trips per month. Similar situation also happened in the delivery route from Salatiga – Serang, whose one fleet target originally 6 round trips per month to 4 round trips per month. Even though there is a decrease in the total delivery rate, the applicable tariff remains the same which is IDR 3.155.000/Truck-Round Trip for the delivery route from Salatiga – Bandung and IDR 3.600.000/Truck-Round Trip from Salatiga – Serang. According to management, the current tariff troubles CV. Merbabu Trans since the nett profit obtained is very low which is less than 10% per year. Data collected for this research were primary data and secondary data. The method that use in this research is a method of calculate the cost vehicle operational consist of Fixed Cost and variable cost that furthermore accumulated till found outcome of ideal rate, Break Even Point, and Return Of Investment. According to the analysis result, the ideal tariff rates based on Vehicle Operating Costs (VOC) from Salatiga – Bandung is IDR 3.386.480/Truck-Round Trip or equivalent to IDR 4.090/Truck-Km with Break Even Point is 64th and nett profit obtained is 15% per year. As for the delivery route from Salatiga – Serang the ideal tariff rate is IDR 3.947.283/Truck-Round Trip or equivalent to IDR 3.084/Truck-Km with Break Even Point is 32th and nett profit obtained is 13% per year. Keyword: Vehicle operating costs (BOK), Ideal rate, BEP, ROI.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:40 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:40 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/678 |
Actions (login required)
View Item |