Hutasuhut, Dhedi Ramadhan and Purnama, Anggi Widya and Syafrianita, Syafrianita (2020) ANALISIS FAKTOR KETERLAMBATAN PENGIRIMAN PAKET EXPRESS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (TA 13.16.20.8). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.
Text
3.BAB 1.pdf Download (127kB) |
Abstract
ABSTRAK “Analisis Faktor Keterlambatan Pengiriman Paket Express Dengan Menggunakan Metode Six sigma” Oleh: Dhedi Ramadhan Hutasuhut Manajemen Transportasi, 2020 Perusahaan jasa pengiriman paket merupakan suatu bentuk pelayanan publik yang menawarkan kemudahan dalam proses mengirim suatu paket dari suatu kota ke kota lainnya dengan aman dan dapat dipertanggung jawabkan oleh pihak jasa. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman ini adalah PT.XYZ yang menawarkan pengiriman express dari asal ke tujuan, dengan aman dan tepat waktu. Namun dalam pengiriman sering terjadi kendala yang menyebabkan keterlambatan pengiriman, hal ini diakibatkan kualitas kinerja pengiriman masih kurang baik. Metode Six Sigma merupakan alat ukur untuk memperbaiki kualitas jasa melalui perbaikan kualitas proses. Dengan menggunakan metode Six Sigma masalah ini dapat diselesaikan dengan melakukan perbaikan secara terus menerus untuk mengurangi tingkat kecacatan. Dari hasil pengolahan yang dilakukan dengan tahapan model DMAIC yaitu define, measure, analyze, improve, dan control kegagalan yang dominan yaitu proses input data dan jenis layanan tidak sesuai dan tidak tepat waktu dengan persentasi sebesar 55% yang ditinjau dari kecacatan selama satu tahun dari Januari-Desember 2019. Maka nilai DPMO dan Sigma yang didapat adalah sebesar 62.097 dan berada pada level kualitas 3,04 sigma. Maka perlu dilakukan langkah perbaikan agar kinerja proses pengiriman lebih baik dengan menerapkan standar operasional prosedur, pelatihan, penilaian kinerja, pembaharuan sistem dan menetapkan standar pengiriman. Kata kunci : Manajemen Mutu Terpadu, Six sigma, DMAIC, Proses Pengiriman. ix STIMLOG Indonesia ABSTRACT “Analyze of Delay Factors in Delivery of Express Packages by Using Six sigma Methode” By: Dhedi Ramadhan Hutasuhut Transportation Management, 2020 A package delivery service company is a form of public service that often convenience in the process of sending a package from one city to another city and can be accounted by service side.One of the company that engaged shipping service is PT.XYZ which offers express delivery from source to destination with safety and ontime. But, in delivery often happen some problems that cause delays in delivery, this is caused by the quality of delivery performance is still not good. Six Sigma method is a measuring tool to improve service quality through process quality improvement.By using the Six Sigma method, this problem can be solved by making continuous improvements to reduce the level of defects. From the results of the processing carried out with the DMAIC model stages, namely define, measure, analyze, improve, and control failure, the dominant ones is the data input process and the type of service are not appropriate and not on time with a percentage of 55% which is reviewed from defects for one year from January December 2019. It is necessary to take corrective steps so that the performance of the delivery process is better by implementing standard of operating procedures, training, performance appraisals, system updates and setting delivery standards. Keyword : integrated quality management, Six Sigma, DMAIC, Sending Process
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 04:08 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 04:08 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/74 |
Actions (login required)
View Item |