ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN RUTE DARI JALAN NONTOL KE JALAN TOL PADA SUPIR TRUK ANGKUTAN BARANG (TA 13.16.20.7)

Fitri, Humairo Faurida and Nariendra, Pradhana W. and Pakpahan, Hartati M (2020) ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN RUTE DARI JALAN NONTOL KE JALAN TOL PADA SUPIR TRUK ANGKUTAN BARANG (TA 13.16.20.7). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (376kB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu faktor supir truk tidak melewati tol trans Jawa (Pejagan-Pemalang) adalah minimnya rest area untuk truk, minimnya SPBU, serta biaya makan pada jalan tol yang dirasa masih cukup mahal. Berdasarkan hal tersebut untuk meningkatkan minat supir truk dalam menggunakan jalan tol dilakukan penelitian kepada supir truk dengan menawarkan skenario terhadap penurunan biaya makan, peningkatan rest area tipe B ke tipe A dengan tersedianya kantin khusus truk, dan pelayanan SPBU. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik supir truk dalam pemilihan rute, serta parameter apa yang mempengaruhi perpindahan rute dan besar probabilitas supir truk yang bersedia beralih ke jalan tol. Metode yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik stated preference dengan pendekatan logit binomial.Hasil yang didapatkan untuk karakteristik banyak ditemui supir truk gol II dan III, parameter yang mempengaruhi perpindahan supir truk adalah fasilitas kantin khusus truk (X2) R 2 0,596, dan besar probabilitas perpindahan rute didapat pada skenario ke tiga, dengan penawaran penurunan biaya makan Rp 20.000 sehingga besar probabilitas parameter biaya perjalanan sebesar 76%, parameter fasilitas khusus kantin truk (X2) sebesar 81 %, dan fasilitas pelayanan SPBU (X3) sebesar 82%. Kata Kunci : Tol Pejagan Pemalang, Supir Truk, Perpindahan Rute, Teknik Stated Preference, Logit binomial ABSTRACT One of the factors for truck drivers not passing the Trans Java (Pejagan-Pemalang) toll road is the lack of rest areas for trucks, the lack of gas stations, and the cost of food on toll roads which are still considered quite expensive. Based on this, to increase the interest of truck drivers in using toll roads, research is conducted on truck drivers, by offering scenarios for reducing food costs, increasing the type B rest area to type A with the availability of a special truck canteen, and gas station service. The Purpose of this study was to determine the characteristics of truck drivers in route selection, as well as what parameter affect route displacement and the probability of truck drivers willing to switch to toll roads. The methods used was a questionnaire with stated preference technique with a binomial logit approach. The result obtained for the characteristics of the number II and III truck drivers are found, the parameters that affect the movement of truck drivers are the special truck canteen facility (X2) R 2 0,596, and the large probability of route shift is obtained in the third scenario with a reduced food cost offer of IDR 20.000 so that it is large probability of the travel cost parameter is 76%, the truck canteen special facility parameter is 81%, and the gas station service facility is 82%. Keywords : Pejagan Pemalang Toll Road, truck driver, Route Displacement, Stated Preference Technique, Binomial Logit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:51
Last Modified: 23 Feb 2022 05:51
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item View Item