Muflih Alfian, Muhammad and Syafrianita, Syafrianita and Widya Purnama, Anggi (2019) PENENTUAN PRIORITAS VENDOR TRUCKING CURAH CAIR DI PT. LINTAS SAMUDERA BORNEO LINE BANJARMASIN ( TA 13.15.19.1). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.
Text
BAB I.pdf Download (355kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Muflih Alfian, Penentuan Prioritas Vendor Trucking Curah Cair di PT Lintas Samudera Borneo Line Banjarmasin, Manajemen Transportasi, 2019. PT. LSBL merupakan salah satu perusahaan dari Puninar Logistik yang bergerak pada bidang pelayaran pengiriman curah cair jenis minyak solar ke berbagai konsumen . PT LSBL selain melayani pengiriman curah cair via pelayaran atau kapal, PT LSBL juga mempunyai armada truk curah cair dalam pendistribusian melalui jalur darat.Dilihat dari kegiatan operasional saat ini, banyak sekali proyek-proyek yang tidak terdapat pada perencanaan. Vendor sangat diperlukan pada saat proyek yang tidak terdapat pada perencanaan agar mencegah terjadinya klaim yang membengkak. klaim timbul akibat keterlambatan mempersiapkan vendor dan juga keterlambatan pengiriman. Kejadian klaim terjadi ketika kapal tanker minyak sudah sampai di stasiun dermaga, tetapi truk curah cair belum siap untuk bongkar dan mendistribusikan via darat. Vendor juga diperlukan oleh PT LSBL untuk mendistribusikan curah cair jika armada saat ini sudah tidak tersedia. Armada saat ini juga mempunyai umur ekonomis 10 tahun. Nantinya setelah 10 tahun maka Perusahaan harus memiliki keputusan untuk membeli truk atau menggunakan vendor. Pilihan PT LSBL membeli truk dari modal keuntungan yang digunakan untuk investasi membeli truk atau di depositkan ke bank dan menggunakan vendor. Untuk mendapatkan vendor prioritas pilihan dilakukan penilaian sisa umur ekonomis. Hasilnya adalah ketika umur ekonomis 10 tahun penjualan truk akan menjadi Rp. 47.500.000 dari Rp. 475.000.000. Tentunya hal itu menjadi acuan untuk menggunakan vendor. Pengolahan pemilihan vendor ditunjang oleh metode NPV dalam menganalisis kelayakan finansial. Modal yang tersedia mempunyai 2 pilihan yaitu ketika alokasi dana untuk membeli truk maka NPV yang didapatkan adalah Rp. 59.567.410.000 dan alokasi dana untuk deposit dan menggunakan vendor adalah Rp. 60.457.692.000.Pengolahan selanjutnya adalah dengan mencari pengaruh atau signifikansi dari kinerja vendor dan nilai tidak kena klaim. Hasilnya adalah kinerja sangat berpengaruh atau terdapat nilai signifikansi yang tinggi. Pengolahan biaya operasional kendaraan dari kendaraan saat ini yang menjadi acuan dan rekomendasi dalam pemaparan data yaitu adalah dengan Rp. 258.288 untuk sekali proses distribusi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil yaitu vendir prioritas terpilih adalah PT Global Borneo Transport dengan nilai 237,925. Kata Kunci : Transportasi, Umur Ekonomis Kendaraan, kriteria, promethee, vendor trucking
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 04:05 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 04:05 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/865 |
Actions (login required)
View Item |