Analisis Faktor Keterlambatan Pengembalian Dokumen DN Robert Bosch Indonesia Pada PT. Cipta Krida Bahari Cakung - Jakarta ( KP.13.16.19.32 )

Najah, Safinatun and Wahyu Nariendra, Pradhana and Eka Lestiai, Melia (2019) Analisis Faktor Keterlambatan Pengembalian Dokumen DN Robert Bosch Indonesia Pada PT. Cipta Krida Bahari Cakung - Jakarta ( KP.13.16.19.32 ). [Experiment]

[img] Text
Bab III.pdf

Download (1MB)

Abstract

4.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil pengolahan dan pembahasan, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dari hasil pengolahan data menggunakan 2 (dua) seven tools quality control yaitu cause & effect diagram dan diagram alir. Pada diagram alir dokumen balik pada PT.Cipta Krida Bahari :  Proses digudang Robert bosch Indonesia menyerahkan pengendalian dokumen dari pihak Robert Bosch Indonesia ke pada ceker ckb (Hand over) secara manual.  Proses ceker ckb Cipta Krida Bahari secara manual.  Transit di gudang cross doking PT.Cipta krida bahari . creat DA pada sistem FAS, sortir dokumen dan barang sesuai area (secara manual) dan terjadinya planning dalam pemilihan moda baik itu moda dari pihak ckb pusat, ckb cabang maupun vendor, guna dalam melakukan proses pengiriman pada customer.  Sampai ditangan customer, pihak customer melakukan pengecek kembali dokumen, jika yang tidak sesuai maka pihak customer melakukan pembutan note terhadap PT. Cipta Krida Bahari dan melakukan penahan dokumen, hal ini dalam mengurangi pencapain PT. Cipta Krida Bhari pada data outstanding DN Robert Bosch Indonesia dan jika sesuai makan pihak customer dapat melakukan penandatanganan pada dokumen tersebut.  Pihak customer melakukan penandatanganan maka dokumen tersebut wajib dikembali pada pihak PIC (Person In Charge) all area, keterlambatan pengembalian dokumen DN Robert Bosch Inodnesia. Serta sering terjadinya penumpukan dokumen balik pada loket PIC (Person In Charge) all area operation jasum. 2  Monitoring dokumen DN Robert Bosch Indonesia laporan ahkir serta mengirim dokumen kepada commercial sales ckb dan commercial sales ckb membuat list terima DN Robert bosch 3 Sedangkan Pada diagram alir dokumen balik pada PT.Cipta Krida Bahari Dapat diketahui sesuai dengan gambar diatas, faktor yang mempengaruhi keterlambatan pengembalian DN RBI pada PT. Cipta Krida Bahari yaitu : 1. Method a. Pengerjaan secara manual b. Release dokumen lama menjadi pengiriman dokumen lama 2. Money a. Biaya (cost) pengiriman yang mahal lantaran biaya (cost) dokumen yang tidak tetap. 3. Man a. Kurangnya tanggung jawab b. Tidak teliti dalam melakukan pemilihan vendor terhadap agen vendor. 4. Material a. Dokumen konvensional b. Dokumen menumpuk (overload) Dampak dari hal-hal yang terjadi pada kejadian diatas merupakan hal-hal yang dapat merugikan pihak PT. Cipta Krida Bahari dengan adanya kejadian diatas tingkat pendapatan PT. Cipta Krida Bahari menurun sesuai dengan apa yang sudah di sepakati bersama dengan pihak PT. Robert Bosch Indoensia. Jika presentasi pengembalian dokumen DN Robert Bosch Indonesia tidak mencapai 100% sesuai dengan actual waktu yang sudah di tentukan maka, pihak PT. cipta krida Bahari Harus membayar 0,2% dari 100% tagihan pembayaran PT. Cipta Krida Bahari ke pihak PT. Robert Bosch Indonesia. 4.2 Saran Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan guna mengurangi dampak keterlambatan dan menimalisir terjadinya kerugian yang terjadi. Adapu hal – hal tersebut diantara lain : 1. Perlu adanya penambahan sumber daya manusia serta Memberikan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) guna meningkat kualitas kinerja kegiatan pada divisi operation jasum. 2. Menerapkan sistem informasi yang mendukung seperti : penerapan Big Data. 4 3. Perlu adanya moniroting dokumen All area untuk memastikan bahwa semua aktivitas pengembalian dokumen DN Robert Bosch Indonesia sesuai dengan Actual pengembalian (waktu). 4. Dalam pemilihan vendor agar lebih selektif agar setiap kontrak yang sudah di sepakati bersama dapat berjalan sesuai yang sudah ditentukan. 5. Mengoptimalkan waktu dalam pengembalian DN Robert Bosch Indonesia pada hari kerja.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 13 Jun 2022 05:52
Last Modified: 13 Jun 2022 05:52
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item