Naufal Muafi, Alwan and M. Pakpahan, Hartati and Mardianto, Erik (2019) UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN ANGKUTAN BARANG GUNA MENDUKUNG KESELAMATAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN ( KP.13.16.19.56 ). [Experiment]
Text
BAB I.docx Download (52kB) |
Abstract
KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Dari hasil analisis yang dapat disimpulkan bahwa pentingnya mengoptimalkan pelayanan pengujian kendaraan bermotor harus dilakukan secara bertahap, dimana dengan adanya peningkatan dalam kualitas pelayanan ini tentunya membutuhkan anggaran dan biaya yang harus diperhitungkan agar tidak menjadi lebih boros, akan tetapi seiring berjalannya waktu kita tidak dapat memungkiri lagi bahwa keadaan teknologi mendesak kita masuk ke dalam dunia teknologi di era yang sudah modern ini, maka dengan diberlakukannya sistem online dan mengurangi over time secara terus menerus diharapkan dengan adanya sistem yang baru ini, orang-orang akan lebih antusias mengujikan kendaraan bermotornya ke UPT PKB dikarenakan waktu tunggu yang tak terlalu lama dan cepatnya proses pengujian kendaraan bermotor, dan juga dengan adanya reklame atau poster yang dipasang mengenai jenis pelayanan maka diharapkan masyarakat yang datang sepenuhnya akan ingin lebih mengetahui tentang apa saja jenis pelayanan yang tersedia di UPT PKB ini. Peningkatan pelayanan pun harus sering dievaluasi kembali dan dikembangkan karena harus dilakukan perbaikan secara bertahap. Karena dengan adanya peningkatan pelayanan pengujian kendaraan bermotor ini diharapkan bisa dapat mendukung keselamatan transportasi Angkutan barang serta Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan . Dan Tercantum dalam PP NO 37 TAHUN 2017 Dimana Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah suatu keadaan terhindarnya setiap orang dari risiko kecelakaan selama berlalu lintas yang disebabkan oleh manusia, kendaraan, jalan, dan/atau lingkungan. Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas Lalu Lintas, Angkutan Jalan, Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kendaraan, Pengemudi, Pengguna Jalan, serta pengelolaannya. Pengawasan terhadap pelaksanaan program Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan meliputi audit, inspeksi, serta pengamatan dan pemantauan. Ketentuan dalam Pasal 205 dan Pasal 207 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyebutkan hal tersebut dan menyebutkan untuk diatur dan dilaksanakan dengan Peraturan Pemerintah tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 4.2 Saran Saran terkait hasil analisis tentang pelayanan pengujian kendaraan bermotor, sudah jelas harus diperbaiki dari sistem pelayanan yang membutuhkan waktu lama dengan cara manual agar segera diproses menjadi secara komputerisasi dengan cara online agar lebih mempercepat proses waktu yang dibutuhkan dan juga dapat mengefisiensikan biaya dan tenaga yang dikeluarkan sehingga sistem operasional dapat berjalan secara optimal, dan untuk mengurangi masyarakat yang tidak mengetahui apa saja pelayanan di UPT PKB maka dapat dipasang reklame atau poster yang dapat menjelaskan terkait pelayanan dan persyaratan dokumen apa saja yang dibutuhkan, karena selama ini rata-rata konsumen yang datang ke UPT PKB ini belum mengetahui secara persis bagaimana alur pelayanan dan jenis pelayanan apa saja yang tersedia serta persyaratan dokumen apa saja yang harus dibawa dari setiap jenis pelayanan yang tersedia di UPT PKB. Oleh karena itu diperlukan adanya peningkatan pelayanan dari sistem ini guna mendukung keselamatan angkutan transportasi angkutan barang yang beroperasional dalam lalu lintas angkutan jalan, karena dengan semakin banyaknya orang yang mengujikan kendaraannya secara berkala maka dapat dipastikan dapat mengurangi kendaraan angkutan barang yang sudah tidak laik jalan tetapi masih dapat dioperasionalkan di jalan yang akan mengakibatkan keselamatan pengguna jalan disekitarnya maupun pengemudi kendaraan dan kendaraan tersebut mengalami hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan yang sering terjadi di Jalan.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 07:00 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 07:00 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/954 |
Actions (login required)
View Item |