RISK ASSESSMENT DAN RESPONSE RISK PADA MASA PRA KONSTRUKSI PROYEK LRT JAKARTA ( KP.13.16.19.21 )

Faurida Fitri, Humairo and W. Nariendra, Pradhana and Widya Purnama, Anggi (2019) RISK ASSESSMENT DAN RESPONSE RISK PADA MASA PRA KONSTRUKSI PROYEK LRT JAKARTA ( KP.13.16.19.21 ). [Experiment]

[img] Text
BAB I KP HUMAIRO FF.pdf

Download (176kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 4.1.Kesimpulan Berdasarkan hasil proses analisis manajemen risiko dengan probability Impact Matrix dan berdasarkan analisis terhadap respon risiko, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Diperoleh 14 risiko yang teridentifikasi pada masa Pra Konstruksi Proyek LRT Jakarta fase 2, dengan aktivitas Initial Plan, Pendanaan, Pengadaan, Studi Kelayakan, dan perizinan. Dan sumber risiko berasal dari Pihak Internal, yaitu Anggota Tim Proyek LRT Jakarta dan Pihak Eksternal, yaitu stakeholder dari Pemprov DKI Jakarta. Teridentifikasi level risiko yaitu Low Risk yang bersifat Acceptable, Medium Risk yang bersifat tolerable dan High Risk yang bersifat Not Acceptabel. 2. Berdasarkan hasil analisis respon risiko dengan bentuk penanganan mitigasi risiko (mengurangi), risiko yang akan berdampak terhadap aspek waktu yaitu Kategori High Risk, dengan risiko: a. Kode Risk R13, yaitu aktivitas Perizinan, yang sumber risikonya berasal dari Internal dengan risiko “Kegagalan memasukkan cakupan scope perizinan didalam Kontrak” dengan bentuk mitigasi berupa Anggota tim proyek harus mengikuti-isu-isu terhadap stakeholder terkait. b. Kode Risk R14, yaitu aktivitas Perizinan yang sumber risikonya berasal dari Eksternal dengan risiko “Terlambatnya proses tanggapan approval trase yang sudah diajukan kepada scope perizinan” dengan bentuk mitigasi Harus dilakukan Peninjauan kembali terhadap surat yang sudah diberikan kepihak stakeholder terkait. 50 4.2.Saran Adapun saran yang diberikan oleh penulis adalah sebagai berikut : 4.2.1 Saran bagi penelitian Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan dari yang sudah diolah penulis, untuk kedepannya dalam mengidentiffikasi risiko perlu melihat banyak sumber risiko yang akan muncul pada proyek LRT Jakarta Fase 2 dengan masa Konstruksi dan Pasca Konstruksi. 4.2.2 Saran Bagi Tim Proyek LRT Jakarta Kepada tim proyek LRT Jakarta Fase 2 perlu dilakukannya peninjauan kembali terkait approval trase yang sudah diajukan kepada pemprov untuk proses persetujuan trase, karena berdasarkan observasi penulis persetujuan trase sudah diajukan dari bulan juli 2019. 4.2.3 Saran Bagi Program Studi Saran penulis bagi Program studi Manajemen Transportasi kedepannya untuk mata kuliah Manajemen Proyek lebih di detailkan kembali.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 13 Jun 2022 07:13
Last Modified: 13 Jun 2022 07:13
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item