LAPORAN KERJA PRAKTIK UPAYA PENGENDALIAN DAN MINIMALISASI RETUR PRODUK YOGURT YOFORIA DITINJAU DENGAN KEBUTUHAN DAN FLUKTUATIF PERMINTAAN KONSUMENNYA ( KP.16.15.18.62 )

Dipana Marbun, Cipto and Martua Sihombing, Tulus (2018) LAPORAN KERJA PRAKTIK UPAYA PENGENDALIAN DAN MINIMALISASI RETUR PRODUK YOGURT YOFORIA DITINJAU DENGAN KEBUTUHAN DAN FLUKTUATIF PERMINTAAN KONSUMENNYA ( KP.16.15.18.62 ). [Experiment]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Yogurt adalah bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasikan oleh bakteri asam laktat. Yogurt mempunyai rasa yang unik yaitu mempunyai rasa asam dan memiliki khasiat bagi kesehatan (Hosono, 2004). Bakteri yang terdapat di dalam yogurt yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yogurt biasanya ditambahkan Lactobacillus acidophilus, agar mempunyai efek fungsional bagi kesehatan. PT Mulia Raya Prima merupakan perusahaan distribusi logistik yang terletak di Jalan Kawaluyaan Utama No. 7, Jatisri, Soekarno Hatta dimana kegiatan utamanya yaitu pendistribusian berbagai macam produk pangan salah satunya penanganan pendistribusian yogurt dalam area Jawa Barat. Pendistribusian yogurt pada saat diterimanya produk dari manufaktur yang berproduksi dengan push system yaitu mendorong terus ke pasar, sedangkan rentang waktu kadaluarsa yogurt begitu singkat, tanpa melihat fluktuatif permintaan konsumen, yang mengakibatkan pihak distributor menerima retur dari toko-toko, bukan satuan atau puluhan gelas yogurt, melainkan ratusan hingga ribuan tiap minggunya produk yogurt Yoforia yang diretur dan diterima PT Mulia Raya Prima. Maka dari itu, perlu adanya perencanaan untuk meproyeksikan jumlah yang harus didistribusikan untuk mengendalikan jumlah retur dari toko-toko. Adapun metode yang digunakan untuk memproyeksikan perencanaan pendistribusian yogurt tersebut menggunakan metode trend least square dari data empiris teraktual April hingga Agustus dengan varian rasa; berry smooth, coffee cream, peach delight dan blueberry good. Dari hasil proyeksi perencanaan untuk 4 bulan mendatang hingga akhir tahun 2018, diperlukan juga strategi promosi yang krreatif dan berkesan di kalangan masyarakat untuk mendukung hasil metode dan tingkat penjualan. Selain itu juga dalam pengelolaan limbah retur harus memperhatikan lingkungan dan ekosistem. Kata kunci : distribusi yogurt, pengendalian retur, trend least square

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 13 Jun 2022 08:13
Last Modified: 13 Jun 2022 08:13
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item