LAPORAN KERJA PRAKTIK ANALISIS KETERLAMBATAN PENGADAAN BARANG IMPOR DI PT TRISULA TEXTILE INDUSTRIES Tbk 16 Juli 2018 s.d 14 September 2018 ( KP.16.15.18.27 )

Sofiani, Nusa and Ariffien, Ir. Afferdhy (2018) LAPORAN KERJA PRAKTIK ANALISIS KETERLAMBATAN PENGADAAN BARANG IMPOR DI PT TRISULA TEXTILE INDUSTRIES Tbk 16 Juli 2018 s.d 14 September 2018 ( KP.16.15.18.27 ). [Experiment]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (568kB)

Abstract

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN 6.1. Kesimpulan Dari seluruh tahap-tahap penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa : 1. Proses bisnis pengadaan barang impor dilakukan ketika pihak purchasing menerima purchase request yang berhubungan dengan proses pengadaan barang impor yang dibutuhkan oleh user sebelum nantinya dibuatkan purchase order dan dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan dalam pengadaan bahan baku impor setelah dokumen-dokumen pendukung sudah ada dan sudah dilakukan pembayaran dengan menggunakan TT advance atau letter of credit, maka pembeliaan tersebut dapat terealisasi. 2. Keterlambatan proses pengadaan bahan baku impor di PT. Trisula Textile Industries Tbk disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal yaitu seperti keterlambatan dari pihak eksportir, terjadi adanya gap terhadap waktu yang telah disepakati, cuaca buruk dan lain�lain. 3. Keterlambatan pengadaan barang impor di PT. Trisula Textile Industries Tbk bisa diminimalisir keterlambatan dan dampaknya yaitu dengan cara memperbaiki metode yang digunakan dalam pengadaan impor, meningkatkan pengetahuan sumberdaya manusi untuk proses impor dan adanya teknologi pendukung yang bisa memonitoring jalannya pengadaan impor. 7. VI-2 6.2. Saran Saran yang dapat diberikan untuk perusahaan dan langkah pengembangan atau penelitian selanjutnya adalah sebagai berikut: 1. Perlu adanya pengimplementasian dari hasil penelitian ini yaitu berupa perbaikan standar operating procedure pada proses pengadaan barang impor, juga tentang diadakannya evaluasi secara periodik, adanya sistem yang dapat memonitoring proses pengadaan barang, dan melakukan sosialisasi atau pelatihan pada sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja sumberdaya manusia yang ada di Departemen Purchasing PT. Trisula Textile Industries Tbk. 2. Penelitian ini hanya meneliti sebab akibat dari terlambatnya pengadaan barang impor dalam ruang lingkup kecil dengan waktu yang terbatas. Sehingga pada penelitian selanjurnya diharapkan peneliti dapat memperluas ruang lingkup penelitian serta merancang SOP yang diusulkan dalam penelitian ini, serta melakukan penelitian dengan metode lainnya dengan mempertimbangkan waktu setiap proses.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:18
Last Modified: 14 Jun 2022 02:18
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item