Rismah Aprilliani, Ade and Wahyu Nariendra, Pradhana and Syafrianita, Syafrianita (2020) ANALISIS PENYEBAB BANYAKNYA JUMLAH KLAIM PADA PT. INDAH TRUCKING BEKASI LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.17.20.30 ). [Experiment]
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
Abstract
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa perolehan pada histogram menyatakan jenis klaim yang diajukan oleh customer tertinggi adalah barang rusak sebanyak 1.124, barang kurang 124 dan kemasan rusak mencapai 238 pada periode Juli dan Agustus 2020. Terdapat 4 kategori faktor penyabab banyaknya jumlah klaim pada PT.Indah Trucking diantaranya man, method, material dan machine. Dalam rangka meminimalisir jumlah klaim yang akan timbul maka penulis mengusulkan perbaikan berdasarkan faktor penyebab di atas. Hal tersebut disebabkan oleh 4 kategori pernyabab yaitu man, method, machine dan juga material seperti kelalaian baik dari pihak customer maupun driver yang kurang memahami mengenai penganan muatan. Adapun hasil perolehan dengan diagram pareto, presentase jenis klaim untuk barang rusak paling tinggi yaitu mencapai 76%, kemasan rusak sebesar 16% dan barang kurang mencapai 8%. Sedangkan presentase faktor penyebab tertinggi yaitu faktor material paling tinggi yaitu mencapai 32%. Diikuti oleh faktor method sebesar 31%, faktor man 22% dan faktor machine 14%. Namun secara keseluruhan penyebab yang mendominasi adanya klaim pada periode Juli 2020 dan Agustus 2020 yaitu kebocoran pada muatan cair. Maka dari itu, pareto diagram membantu untuk memfokuskan prioritas dalam memperbaiki kualitas pelayanan, sehingga untuk mengurangi total kerugian, maka terdapat 2 faktor penyebab yang diprioritaskan yaitu material dan method yang dapat diperbaiki melalui perbaikan Perjanjian Kerja Sama untuk muatan cair untuk mengurangi adanya klaim. 4.2 Saran Berdasarkan pada penulisan laporan Kerja Praktik ini ada beberapa saran yang akan dituangkan yaitu : 1. Saran untuk PT. Indah Trucking adalah memperbaiki management yang ada, dan melengkapi divisi yang kosong pada saat ini untuk 34 memaksimalkan kinerja yang memuaskan. 2. Saran untuk Prodi Manajemen Transportasi yaitu agar mahasiswa lebih diarahkan untuk memahami setiap mata kuliah yang akan dipahami lebih yang mengarah pada tempat kerja praktik yang akan dituju agar tidak menimbulkan hal yang tidak diketahui sama sekali.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 09:24 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 09:24 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1235 |
Actions (login required)
View Item |