Ikawati, Aprilia and Syafrianita, Syafrianita and Wahyu Nariendra, Pradhana (2018) ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN PT. CIPTA KRIDA BAHARI (CKB LOGISTICS) BERDASARKAN PERSPEKTIF KEUANGGAN DAN PELANGGAN LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.15.18.21 ). [Experiment]
Text
CKB Bab 1 Laporan Kerja Praktik Aprilia Ikawati.pdf Download (143kB) |
Abstract
KESIMPULAN DAN SARAN 6.1 Kesimpulan Pada hasil analisis dan pembahasan pada BAB V dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Kinerja Perusahaan PT. Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) yang diukur dengan menggunakan perspektif keuangan pada Bulan Januari 2017 hingga Juni 2018 (6 quarter) dibagi menjadi 4 rasio yaitu : a. Rasio Likuiditas Rasio likuiditas CKB Logistics menunjukan bahwa perusahaan dalam perhitungan Current Ratio, Quick Ratio dan Cash Ratio, telah memenuhi liabilitas jangka pendeknya. Rata-rata Current Ratio telah memenuhi KPI Corporate perusahaan sebesar 177% walaupun pada Q1 2017 belum memeuhi target KPI sebesar 156% . b. Rasio Pengelolaan Aset Rasio pengelolaan Aset menunjukan bahwa perusahaan dalam perhitungan Recivable Turn Over mempunyai rata-rata sebesar 23.22, dalam perhitungan Payable Turn Over mempunyai rata-rata sebesar 28.02, dalam perhitungan Inventory Turn Over Ratio mempunyai rata-rata sebesar 518.56, dan dalam perhitungan Total Asset Turn Over mempunyai rata-rata sebesar 1.61. Secara keseluruhan rasio pengelolaan aset CKB Logistics dapat menghasilkan revenue, semakin besar aset perusahaan berputar semakin meningkat revenue perusahaan. c. Debt & Solvency Ratio Debt & solvency ratio CKB Logistics menunjukan bahwa Debt Ratio memiliki rata-rata sebesar 36%, rata-rata tersebut sudah memenuhi KPI Corporate perusahaan sebesar yaitu sebesar 30%, semakin rendah debt ratio dan debt to equity ratio menunjukan kinerja keuangan CKB Logistics semakin bagus. VI-2 d. Rasio Profitabilitas Rasio profitabilitas CKB Logistics menunjukan bahwa Gross Profit Margin memiliki rata-rata sebesar 20%, rata-rata tersebut sudah memenuhi KPI Corporate perusahaan sebesar 15%. Operating Profit Margin memiliki rata-rata sebesar 16%, rata-rata tersebut sudah memenuhi KPI Corporate perusahaan sebesar 10%. Return On Equity memiliki rata-rata sebesar 2%, rata-rata tersebut belum memenuhi KPI Corporate perusahaan sebesar 3%. Return On Asset memiliki rata-rata sebesar 1%, rata-rata tersebut belum memenuhi KPI Corporate perusahaan sebesar 2%. Dalam mengelola modal sendiri untuk menghasilkan laba bersih masih kurang baik dan tidak dapat menghasilkan laba dari aset yang dimiliki karena perputaran aktiva dan perolehan laba semakin lambat. 2. Perhitungan Perspektif Pelanggan Perhitungan Perspektif Pelanggan CKB Logistics menunjukan bahwa perusahaan dalam perhitungan Customer Acquisition mempunyai rata-rata sebesar 17%, Customer Retention mempunyai rata-rata sebesar 88%, Probability Customer mempunyai rata-rata sebesar 130%, Presentase Komplain mempunyai rata-rata sebesar 3%. Kinerja CKB Logistics perspektif pelanggan dalam memenuhi target perolehan pelanggan baru masih fluktuatif namun secara keseluruhan target telah terpenuhi. 6.2 Saran Adapun saran yang dapat dikemukakan oleh penulis dari hasil penelitian dan pembahasan sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk PT. Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) yaitu : 1. Kinerja perspektif keuangan CKB Logistics terlihat cukup baik. Hal ini disebabkan langkah-langkah yang diambil perusahaan berhasil dijalankan sehingga menghasilkan output yang maksimal. Jika perusahaan ingin meningkatkan target pencapaian dari segi finansial hendaknya meninjau kembali seberapa besar asset perusahaan agar dapat dimanfaatkan secara maksimal. VI-3 2. CKB Logistics perlu meningkatkan kinerja yang efektif terhadap commercial division agar melakukan kontrak kerja yang tidak hanya menguntungkan pihak perusahaan saja namun juga pihak pelanggan agar kepuasan pelanggan dapat terjaga. 3. Penelitian ini akan lebih sempurna jika menggunakan metode Balanced Secorecard untuk analisi kinerja CKB Logistics kondisi saat ini dan kondisi yang akan datang,
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 03:00 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 03:00 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1244 |
Actions (login required)
View Item |