PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN PERCEIVED EASE OF USE TRHADAP E-SATISFACTION PADA BLU BY BCA DIGITAL (TA.7.24.017)

HARIYANTO, ANISHA INGGRID RUCHI (2024) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN PERCEIVED EASE OF USE TRHADAP E-SATISFACTION PADA BLU BY BCA DIGITAL (TA.7.24.017). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ruchi Hariyanto, Inggrid, Anisha. 2024. “Pengaruh E-service quality dan Perceived ease of use terhadap E-satisfaction pada Blu by BCA Digital”. Laporan Tugas Akhir. S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Asaretkha Adjane Annisawati, SE., MBA Perkembangan pesat teknologi digital telah mendorong transformasi layanan perbankan konvensional menjadi digital. Aplikasi Blu by BCA Digital merupakan salah satu contoh layanan perbankan digital yang semakin populer. Namun, sejumlah pengguna mengeluhkan kualitas layanan elektronik dan kemudahan penggunaan aplikasi ini seperti loading yang lama dan eror saat menggunakan aplikasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memahami pengaruh kualitas layanan elektronik dan kemudahan penggunaan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Blu by BCA Digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar kepada pengguna aplikasi Blu by BCA Digital. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Model penelitian menguji pengaruh kualitas layanan elektronik dan kemudahan penggunaan terhadap kepuasan pengguna. Temuan penelitian menunjukkan bahwa baik e-service quality maupun perceived ease of use memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap e-satisfaction aplikasi Blu by BCA Digital secara parsial. Namun, secara simultan, kedua variabel independen tersebut tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Dengan demikian, disarankan agar perusahaan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan kemudahan penggunaan aplikasi untuk menjaga kepuasan pengguna, seperti memberikan petunjuk icon yang lebih lengkap. Selanjutnya Blu by BCA Digital diharapkan bisa mengatasi gangguan yang sering dialami saat menggunakan aplikasinya. Terakhir, Blu by BCA Digital diharapkan dapat menambahkan promo dan diskon menarik bagi penggunanya. Bagi penelitian selanjutnya, perlu dilakukan kajian lebih mendalam mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi perbankan digital, serta pengembangan model yang lebih komprehensif. Kata-kata Kunci: e-service quality, perceived ease of use, e-satisfaction, Blu by BCA Digital

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:28
Last Modified: 26 Nov 2024 07:28
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2842

Actions (login required)

View Item View Item