AURELLEA, KANYA DEVA (2024) PENGAARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE INDRIVE (TA.7.24.030). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aurellea, Kanya, Deva. 2024. Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Layanan Transportasi Online Indrive (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional). Tugas Akhir, S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing : Hesti Sugesti, S.Pd., MM. Dr. Senny Handayani Suarsa, SE., MM. Perkembangan teknologi telah mendorong munculnya layanan transportasi online yang menawarkan kenyamanan, kemudahan, dan efisiensi dalam mobilitas urban. Di Indonesia, salah satu layanan yang paling populer adalah ojek online. Kehadiran Indrive sebagai alternatif dalam pasar ini menunjukkan adanya variasi dan kompetisi yang terus berkembang. Indrive menawarkan berbagai keunggulan, seperti kemudahan pemesanan, kualitas armada terjamin, dan harga yang kompetitif. Meskipun tarif Indrive lebih ekonomis dibandingkan dengan layanan seperti Gojek, Grab, dan Maxim, popularitasnya masih jauh dari pesaing-pesaing yang lebih mapan, menunjukkan minat pengguna yang relatif rendah terhadap aplikasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami gambaran harga dan dampaknya terhadap keputusan penggunaan jasa Indrive. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei, penelitian ini menggunakan teknik sampling non- probability purposive sampling dengan 384 responden, yang dihitung dengan rumus Lemeshow. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS Versi 23, dan pengujian deskriptif serta hipotesis dengan Uji F menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan layanan Indrive. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar Indrive meningkatkan kualitas layanan dan daya saing harga dengan memperbaiki pemeliharaan kendaraan, melatih pengemudi, serta memperkenalkan paket langganan dan program loyalitas. Penambahan pilihan kendaraan dan opsi pembayaran juga dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi keputusan penggunaan dan melakukan studi perbandingan di berbagai lokasi geografis untuk menguji konsistensi hasil. Kata Kunci : Harga, Keputusan Penggunaan Jasa, Indrive
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4 |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:26 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 02:26 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2865 |
Actions (login required)
View Item |