A'IDA RESTI APRILIA, A'IDA RESTI APRILIA (2024) PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING TIKTOK OADA AKUN @MUSHHOME.ID TERHADAP MINAT BELI KUNSUMEN DI KOTA BANDUNG (TA.7.24.045). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aprilia, A’idah Resti, 2024. Pengaruh Live streaming shopping TikTok Pada Akun @mushome.id Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Bandung. Tugas Akhir, S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Dr. Nur Aziz Sugiharto, SE., Ak., MM., CA. Farid Madani, SH.,MH PT Yasa Jamur Sriwijaya memanfaatkan fitur live streaming di TikTok untuk memperluas pasar dan menarik minat beli konsumen di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia. Meskipun fitur belanja online seperti TikTok Shop semakin populer, perusahaan menghadapi tantangan seperti menjaga konsistensi dan durasi saat live streaming, yang dapat mempengaruhi algoritma sehingga berpengaruh terhadap minat beli konsumen dan pencapaian target penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh live streaming shopping terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan teori Manajemen Pemasaran untuk mengkaji pengaruh live streaming shopping terhadap minat beli konsumen. Dimensi live streaming yang digunakan yaitu streamer’s credibility, media richness, dan interctivity. Dimensi minat beli konsumen yang digunakan yaitu minat preferensial, minat referensial, minat transaksional dan minat eksploratif. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif, melibatkan sampel sebanyak 384 responden dengan menggunakan non probability dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23. Hasil uji deskriptif variabel live streaming dan minat beli menyatakan bahwa kedua variabel tersebut memiliki kategori “baik”. Hipotesis menunjukkan bahwa live streaming memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Koefisien determinasi (R2) sebesar 92,7% menunjukkan bahwa sebagian besar variabel minat beli dijelaskan oleh live streaming, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis. Ini menunjukkan bahwa live streaming adalah sebuah strategi pemasaran yang efektif dalam menarik minat beli konsumen dan dapat menjadi alat yang kuat untuk mencapai tujuan pemasaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4 |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 03:37 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 03:37 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2881 |
Actions (login required)
View Item |