PENGARUH CITRA MEREK TERGADAP MINATBBELI ULANG PADA KUNSUMEN H&M (TA.7.24.048)

VASYA, NANDINIS SASKIA AULIKA (2024) PENGARUH CITRA MEREK TERGADAP MINATBBELI ULANG PADA KUNSUMEN H&M (TA.7.24.048). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Vasya, Nandinis. 2024. “Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Konsumen H&M” (Studi Kasus pada H&M Paris Van Java Mall). Laporan Tugas Akhir. S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Dr. Nur Aziz Sugiharto, SE, MM, Ak, CA Dr. Prety Diawati, S.Sos., MM Hesti Sugesti, S.Pd., MM Kebutuhan primer merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi, salah satunya yaitu pakaian. Sekarang ini, industri pakaian sudah semakin maju dan berkembang dengan munculnya merek-merek internasional. Hal ini dapat dilihat dari munculnya berbagai retail di kota-kota besar, salah satunya yaitu H&M. Di Indonesia, produk H&M ini banyak diminati oleh masyarakat kalangan menengah dan menengah ke atas. Konsumen H&M tidak hanya mencari produk berdasarkan faktor harga saja, tetapi faktor lain seperti persepsi citra merek. Ini menandakan bahwa citra merek memberikan dampak yang besar bagi konsumen. Namun, dari segi harga yang tercantum dalam produk H&M tergolong mahal untuk masyarakat menengah dan masyarakat kebawah, membuat masyarakat mengurungkan niat untuk membeli ulang produk tersebut (Aliffia, 2022). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan variabel independen citra merek (X) dengan indikator kekuatan, keunikan, dan favorable dan variabel dependen minat beli ulang (Y) dengan indikator minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Jenis data primer yang digunakan yaitu kuesioner serta observasi dan jenis data sekunder yang digunakan yaitu melalui jurnal dan internet. Dengan perhitungan sampel menggunakan teknik non probability sampling dan analisis data menggunakan analisis deskriptif serta analisis regresi linier sederhana. Dan pengujian hipotesis menggunakan uji T dan koefisien determinasi. Penelitian mengenai citra merek H&M di Paris Van Java Mall menunjukkan bahwa citra merek yang positif berhubungan erat dengan minat beli ulang konsumen. Citra merek H&M memiliki nilai rata-rata 123,73 dengan standar deviasi 11,22, menandakan persepsi positif dan konsistensi yang baik di antara responden. Minat beli ulang H&M juga tinggi dengan nilai rata-rata 105,67 dan standar deviasi 9,78. Analisis regresi linier menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu unit dalam citra merek meningkatkan minat beli ulang sebesar 0,795 dengan signifikansi statistik (p < 0,05). Temuan ini menggarisbawahi pentingnya citra merek dalam memengaruhi minat beli ulang dan merekomendasikan agar H&M memperkuat citra merek mereka melalui kualitas produk, pengalaman pelanggan yang konsisten, dan komunikasi efektif untuk meningkatkan loyalitas dan pertumbuhan bisnis jangka panjang. Kata kunci: citra merek, minat beli ulang, H&M

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 Nov 2024 03:44
Last Modified: 29 Nov 2024 03:44
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2884

Actions (login required)

View Item View Item