TES LITERASI BAHASA INGGRIS SECARA ONLINE UNTUK MENGUKUR KESIAPAN SISWA DI SNBT 2023/2024

Resdiana, Widia and Yulientinah, Dewi Selviani and Armiati, Sari and Mulyanti, Khairaningrum (2024) TES LITERASI BAHASA INGGRIS SECARA ONLINE UNTUK MENGUKUR KESIAPAN SISWA DI SNBT 2023/2024. TES LITERASI BAHASA INGGRIS SECARA ONLINE UNTUK MENGUKUR KESIAPAN SISWA DI SNBT 2023/2024, 2 (3). ISSN 29863104

[img] Text
729

Download (65kB)
Official URL: https://journal.ppmi.web.id/

Abstract

Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) yang dihadapi setiap tahunnya oleh siswa siswi Kelas XII di seluruh Indonesia memiliki persaingan yang sangat tinggi dalam rangka mendaftar ke Perguruan Tinggi favorit. SNBT yang dimaksud di dalam kegiatan PKM yang dilaksanakan ini adalah yang akan diselenggarakan pada Tahun Ajaran 2023/2034. Salah satu tes yang diujikan di dalam SNBT adalah Tes Literasi Bahasa Inggris, akan tetapi di salah satu Sekolah Menengah Atas di daerah Cimahi Jawa Barat siswa-siswi yang baru naik ke kelas XII belum mengetahui model soal dan nilai baseline tes tersebut. Oleh karena itu, kegiatan PKM ini bertujuan untuk mengukur kesiapan siswa di dalam menghadapi SNBT dengan mengetahui nilai awal kemampuan Literasi Bahasa Inggris. Sehingga, dari hasil yang diperoleh pada awal semester kelas XII ini, mereka dapat mempersiapkan diri serta pihak sekolah dan guru-guru dapat pula memformulasikan kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris pada poin-poin yang belum dikuasai siswa. Metode yang digunakan pada kegiatan PKM ini mencakup 3 (tiga) tahapan yakni Needs, Intervention, dan Outcomes (Dudley, 2020) yang diimplementasikan di dalam tahap persiapan kegiatan, tahap pelaksanaan, dan tahap mengolah hasil tes. Kegiatan persiapan mencakup koordinasi dengan sekolah dengan hasil perlunya suatu nilai awal Literasi Bahasa Inggris untuk diketahui, pembuatan dan unggah soal di platform tes, dan koordinasi dan sosialisasi rencana kegiatan. Kemudian intervensi dilakukan dengan implementasi kegiatan tes Literasi Bahasa Inggris secara online. Terakhir, hasil tes tersebut menunjukkan bahwa siswa-siswa Kelas XII Peminatan IPA dan IPS memiliki nilai rata-rata 60 dan 33 yang berarti pada saat itu mereka belum siap untuk mengikuti tes Literasi Bahasa Inggris.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Vokasi > Teknik Informatika D3
Depositing User: Widia Resdiana
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:25
Last Modified: 23 Sep 2025 07:25
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3389

Actions (login required)

View Item View Item