Identifikasi Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris (Non Program Bahasa Inggris) pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Khusus/English for Specific Purposes di Program Studi D4 Akuntansi Keuangan Politeknik Pos Indonesia

Selviani Y, Dewi and Juwita, Rukmi and Resdiana, Widia (2020) Identifikasi Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris (Non Program Bahasa Inggris) pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Khusus/English for Specific Purposes di Program Studi D4 Akuntansi Keuangan Politeknik Pos Indonesia. Identifikasi Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris (Non Program Bahasa Inggris) pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Khusus/English for Specific Purposes di Program Studi D4 Akuntansi Keuangan Politeknik Pos Indonesia, 15 (1). pp. 1-12. ISSN 2656-4257

Full text not available from this repository.
Official URL: https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/competitive/a...

Abstract

Silabus mata kuliah Bahasa Inggris Khusus (English for Specific Purposes) harus dibuat berdasarkan analisis kebutuhan (needs analysis) agar pembelajaran Bahasa Inggris yang dilaksanakan relevan dengan bidang keilmuan mahasiswa. Silabus mata kuliah Bahasa Inggris Khusus (English for Specific Purposes) untuk mahasiswa program studi D4 Akuntansi Keuangan belum didasarkan pada analisis kebutuhan tersebut. Selama ini pembuatan silabus Bahasa Inggris yang ada hanya didasarkan pada diskusi informal antara dosen Bahasa Inggris dan Ketua program studi sehingga silabus yang ada tidak secara khusus mengakomodir kebutuhan Bahasa Inggris untuk program studinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis kebutuhan (needs analysis) dalam pembelajaran Bahasa Inggris Khusus (English for Specific Purposes) untuk program studi D4 Akuntansi Keuangan. Analisis kebutuhan yang dilakukan meliputi meliputi kebutuhan (necessities), kekurangan (lacks), dan keinginan (wants) pembelajar dalam mata kuliah Bahasa Inggris Khusus (ESP). Partisipanpenelitian terdiri dari 100 partisipan yang terdiri dari 88 mahasiswa tingkat 1 dan tingkat 2 mahasiswa serta 12 alumni program studi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner. Penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan bahasa Inggris yang paling dibutuhkan adalah ketrampilan berbicara/ speaking, ketrampilan yang menjadi kelemahan adalah ketrampilan berbicara/ speaking, dan ketrampilan yang ingin dikuasai adalah ketrampilan berbicara/ speaking. Kesimpulannya adalah ketrampilan bahasa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pembelajarlah bukanlah ketrampilan yang spesifik mengacu pada bidang mereka, namun mengacu pada ketrampilan bahasa yang lebih umum digunakan di dunia kerja dan ketrampilan berbicara masih lemah karena kurangnya kesempatan untuk melakukan praktek.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Sekolah Vokasi > Teknik Informatika D3
Depositing User: Widia Resdiana
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:38
Last Modified: 23 Sep 2025 07:38
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item