PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BIOTEKNOLOGI PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (TA.7.25.008)

PANGARIBUAN, RUTH EVELYN NAULI (2025) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BIOTEKNOLOGI PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (TA.7.25.008). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1cdtlUdvZxUXBn3HV...

Abstract

ABSTRAK Pangaribuan, Ruth Evelyn Nauli. 2025. Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Agavi Lab di Tokopedia. Seminar Proposal, Program Studi Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Dr. Angga Dewi Anggraeni, SE., MM., CRP. Hesti Sugesti, S.Pd., MM Perkembangan teknologi digital telah mengubah perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian, terutama melalui platform e-commerce seperti Tokopedia. Salah satu faktor yang memengaruhi keputusan tersebut adalah keberadaan ulasan pelanggan (online customer review) dan penilaian pelanggan (online customer rating). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedua variabel tersebut terhadap keputusan pembelian produk Agavi Lab yang dipasarkan melalui Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Responden dalam penelitian ini berjumlah 204 orang yang merupakan konsumen produk Agavi Lab di Tokopedia, diperoleh melalui teknik probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Customer Review (X1) dan Online Customer Rating (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk bioteknologi Agavi Lab pada marketplace Tokopedia. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan strategis bagi pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas layanan dan mendorong ulasan positif sebagai upaya meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Kata kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian, Marketplace, Agavi Lab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: PKL EMPAT EMPAT
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:53
Last Modified: 30 Sep 2025 03:53
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3674

Actions (login required)

View Item View Item