PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA KOMUNITAS MERAJUT ASA KITA BINONG JATI BANDUNG (TA.7.25.011)

FAZA, DENDI SYAHIDAN (2025) PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA KOMUNITAS MERAJUT ASA KITA BINONG JATI BANDUNG (TA.7.25.011). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=19hTcInzT4DI1aDi1...

Abstract

ABSTRAK Faza, Dendi Syahidan. 2025. Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Produk terhadap Keberhasilan Usaha pada Komunitas Merajut Asa Kita Binong Jati Bandung. Tugas Akhir, Program Studi S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Dr. Prety Diawati, S.Sos., MM (1) Hesti Sugesti, S.Pd., MM (2) UMKM pada Komunitas Merajut Asa Kita Binong Jati Bandung menghadapi fluktuasi penjualan dan omzet dalam lima tahun terakhir, sehingga penting untuk meneliti faktor- faktor yang memengaruhi keberhasilan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kreativitas (indikator: kelancaran, keluwesan, keaslian, kerincian) dan inovasi produk (indikator: kualitas produk, varian produk, gaya dan desain produk) terhadap keberhasilan usaha (indikator: modal, pendapatan, volume penjualan, tenaga kerja) pada Komunitas Merajut Asa Kita Binong Jati Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 175 responden pengrajin aktif, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, serta analisis deskriptif untuk mengukur capaian setiap indikator. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel kreativitas berada pada kategori tinggi, variabel inovasi produk berada pada kategori tinggi, dan variabel keberhasilan usaha juga berada pada kategori tinggi. Hasil pengujian menunjukkan kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha sebesar 91,8%, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan sebesar 93,1%, serta kreativitas dan inovasi produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha sebesar 94,6%. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar UMKM di Komunitas Merajut Asa Kita memperkuat aspek keluwesan dalam kreativitas, meningkatkan kualitas produk, memperbanyak variasi desain sesuai tren, serta mengoptimalkan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan dan keberlanjutan usaha. Kata kunci: kreativitas, inovasi produk, keberhasilan usaha, UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: PKL EMPAT EMPAT
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:58
Last Modified: 30 Sep 2025 03:58
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3689

Actions (login required)

View Item View Item