BHARANY, DWITA (2025) PENGARUH PERAN CUSTOMER SERVICE OFFICER DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA ZTRANS SHUTTLE POOL TAMANSARI BANDUNG RUTE BANDUNG-DEPOK (TA.7.25.019). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Bharany, Rismaya Dwita, 2025. Pengaruh Peran Customer Service Officer dan Harga terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Ztrans Shuttle Pool Tamansari rute Bandung – Depok. Seminar Proposal, S1 Sarjana Terapan D4 Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing Dr. Senny Handayani Suarsa., SE., MM Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran Customer Service Officer (CSO) dan harga terhadap kepuasan pengguna jasa Ztrans Shuttle pada rute Bandung - Depok. Selain itu, penelitian ini memiliki kebaruan untuk meneliti secara mendalam persepsi pelanggan pelanggan terhadap harga yang sebanding dari segi layanan maupun fasilitas, serta peran langsung CSO sebagai garda terdepan dalam interaksi layanan dan bagaimana peran customer service officer serta persepsi harga dapat memengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa Ztrans Shuttle di Pool Tamansari Bandung pada rute Bandung - Depok, dengan harapan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan pelayanan customer service dan strategi harga perusahaan Penelitian ini menunjukkan bahwa 70% pengguna Ztrans Shuttle merasa puas terhadap layanan yang diberikan, sementara 30% lainnya menyampaikan ketidakpuasan maupun keluhan yang disampaikan baik secara offline maupun online. Penelitian ini menggunakan grand theory manajemen pemasaran dengan middle theory bauran pemasaran, perilaku konsumen, harga, orang, serta applied theory dengan kepuasan pelanggan. Variabel peran Customer Service Officer diukur dengan empat indikator, yaitu jumlah customer yang ditangani, tingkat kepuasan pelanggan, kecepatan respons diawal, dan tingkat retensi pelanggan. Variabel harga diukur dengan empat indikator yakni keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, dan kesesuaian harga dengan manfaat yang diberikan. Kepuasan pelanggan diukur dengan tiga indikator yaitu kesesuaian harga, minat untuk datang kembali, dan kesediaan untuk merekomendasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling dan pengumpulan data melalui kuesioner kepada 366 responden. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara peran Customer Service Officer dan harga terhadap kepuasan pelanggan yang menegaskan bahwa perbaikan dalam kualitas layanan dan daya saing harga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan. Kata Kunci: Customer Service Officer, Harga, Kepuasan Pelanggan, Ztrans Shuttle, Transportasi Antarkota, PLS-SEM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4 |
Depositing User: | PKL EMPAT EMPAT |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:53 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:53 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |