PENGARUH KEMAMPUAN HOST LIVESTREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LOKAL PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS TOKO SUCITRESNADAMAYANTI) (TA.7.25.022)

PRIBADI, TEGUH JATI (2025) PENGARUH KEMAMPUAN HOST LIVESTREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LOKAL PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS TOKO SUCITRESNADAMAYANTI) (TA.7.25.022). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1z7tqSbI9Rzt4ZA4q...

Abstract

ABSTRAK Pribadi, Teguh Jati. 2025. ”Pengaruh Kemampuan Host Livestreaming Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lokal Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus toko Sucitresnadamayanti)”. Tugas Akhir, Program Studi S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing : Bambang Triputranto, SE., MM. Dr. Nur Aziz Sugiharto, SE., MM.Ak.CA Kata Kunci : E-commerce, livestreaming, Keputusan Pembelian, Shopee, Digital Marketing, Marketplace. Perubahan kebiasaan berbelanja konsumen membuat e-commerce berinovasi dalam menyediakan fitur yang digunakan sebagai sarana penjualalan produk, maka lahirlah media penjualan secara livestreaming dengan fitur tersebut perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya mulai dari segi omset penjualan, produk yang terjual, dan penetrasi pasar. Maka dari itu dalam peningkatan kinerja dari perusahaan apakah host livestreaming memiliki pengaruh dalam pesatnya peningkatan kinerja tersebut mengingat host menjadi garda terdepan dalam melakukan pemasaran dan penjualan, misalnya apakah kemampuan host dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen terutama pada produk lokal yang bisa berdampak langsung pada meningkatnya jumlah produk yang terjual dan juga omset penjualan. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif, dengan objek penelitian host atau streamer yang bergerak dibidang penjualan secara livestreaming. Variabel independen dari penelitian ini adalah kemampuan host dan variabel dependennya adalah keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penyebaran kuesioner kepada sampel yang dimana pemilihan sampel pada penelian ini menggunakan rumus slovin dan didapatkan sampel yang diteliti sebanyak 94 orang, dan lokasi pada penelitian ini berada di kawasan daerah Bandung. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan host livestreaming memiliki pengaruh signifikan kepada keputusan pembelian produk lokal pada marketplace Shopee di toko Sucitresnadamayanti. Temuan penelitian menunjukan bahwasanya kemampuan host livestreaming memiliki pengaruh secara signifikan baik secara partial ataupun simultan karena menghasilkan nilai Sig. <0,05, serta sebesar 65,6% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kemampuan host livestreaming dan sisanya oleh variabel yang tidak dijelaskan oleh variabel yang diteliti. Saran yang diajukan untuk para host ataupun streamer agar bisa lebih meningkatkan kemampuan mereka dalam kegiatan livestreaming sehingga bisa berkontribusi baik pada perusahaan dengan meningkatkan transaksi penjualan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: PKL EMPAT EMPAT
Date Deposited: 01 Oct 2025 04:21
Last Modified: 01 Oct 2025 04:21
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3730

Actions (login required)

View Item View Item