PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING KONSUMEN PADA PRODUK FASHION DI SHOPEE (TA.7.25.036)

LUMBANRAJA, RISWANDA (2025) PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING KONSUMEN PADA PRODUK FASHION DI SHOPEE (TA.7.25.036). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1RRlSI71PO8KddN2n...

Abstract

ABSTRAK Lumbanraja, Riswanda. 2025. Pengaruh sales promotion terhadap perilaku impulsive buying konsumen pada produk fashion di shopee. Seminar Proposal, Program Studi S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Dr. Angga Dewi Anggraeni, SE.,MM, CRP Perkembangan teknologi digital telah mendorong pertumbuhan pesat e-commerce di Indonesia, dengan Shopee sebagai salah satu platform terdepan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sales promotion terhadap perilaku impulsive buying konsumen pada produk fashion di Shopee. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang pernah membeli produk fashion di Shopee, dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi penjualan seperti diskon, cashback, voucher gratis ongkir, dan flash sale secara signifikan memengaruhi perilaku pembelian impulsif. Faktor utama yang mendorong perilaku ini adalah urgensi waktu, fear of missing out (FOMO), dan daya tarik visual produk. Selain itu, notifikasi promosi yang terus-menerus dari aplikasi Shopee mendorong konsumen melakukan pembelian spontan tanpa perencanaan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan ilmu pemasaran digital dan kontribusi praktis bagi pelaku bisnis fashion online dalam merancang strategi promosi yang efektif dan etis, serta membantu konsumen untuk lebih bijak dalam pengambilan keputusan pembelian. Kata Kunci : Sales Promotion, Impulsive Buying, E-commerce, Shopee, Produk Fashion

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4
Depositing User: PKL EMPAT EMPAT
Date Deposited: 01 Oct 2025 08:23
Last Modified: 01 Oct 2025 08:23
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3757

Actions (login required)

View Item View Item