PRIKANTO, ROSSI SARAH FAUZIAH (2025) IMPLEMENTASI SOCIAL MEDIA MARKETING LINKEDIN DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAAN PELANGGAN DI PT GMF AEROASIA (TA.7.25.038). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prikanto, Rossi Sarah Fauziah, 2025. Implementasi Social Media Marketing Linkedin dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di PT GMF AeroAsia. Laporan Tugas Akhir, S1 Terapan D4 Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing Dr. Senny Handayani Suarsa, SE., MM. Industri Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) pesawat mengalami berbagai tantangan global dan PT GMF AeroAsia juga turut merasakan dampak dari tantangan tersebut, yang berkontribusi terhadap meningkatnya jumlah keterlambatan sehingga menurunkan kepuasan pada pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan untuk mengkaji pengaruh implementasi Social Media Marketing LinkedIn dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di perusahaan ini. Penelitian ini memiliki kebaruan dalam mengkaji penerapan Social Media Marketing LinkedIn dan kualitas produk, serta hubungannya dengan kepuasan pelanggan dalam konteks B2B, khususnya di industri MRO. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang umumnya dilakukan di sektor ritel atau jasa umum, penelitian ini secara khusus mengambil objek yang berperan penting dalam kinerja komponen pesawat. Keunikan lainnya adalah penelitian ini juga relevan dengan perkembangan digitalisasi di industri penerbangan, di mana pemanfaatan media sosial marketing sebagai alat pemasaran dalam lingkungan B2B seperti MRO masih jarang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif dengan Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner terhadap pelanggan B2B di PT GMF AeroAsia. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden, yang dipilih menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, dan analisis data menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Variabel Social Media Marketing diukur dengan lima indikator: entertainment, interaction, trendiness, customization, dan word of mouth. Variabel kualitas produk mencakup tujuh indikator: performance, features, conformance to specification, reliability, durability, aesthetics, dan perceived quality. Sedangkan kepuasan pelanggan sebagai applied theory diukur dengan indikator kesesuaian harapan, minat untuk datang kembali, dan kesediaan merekomendasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Kualitas produk memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan Social Media Marketing. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi manajemen GMF AeroAsia untuk memperkuat mutu hasil perawatan produk disertai optimalisasi komunikasi digital professional melalui LinkedIn untuk meningkatkan kepuasan pelanggan serta memperkuat daya saing GMF AeroAsia di industry MRO global. Kata Kunci : Social Media Marketing, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, GMF AeroAsia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4 |
Depositing User: | PKL EMPAT EMPAT |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 08:24 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 08:24 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |