FAKHIRAH, LEUWEUNG FARAH ZAIN (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KOPI KENANGAN KOTA BANDUNG (TA.7.25.040). Diploma thesis, UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fakhirah, Leuweung Farah Zain. 2025 “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kopi Kenangan Kota Bandung”. Laporan Tugas Akhir, S1 Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing : Asaretkha Adjane Annisawati, SE., MBA Dr. Angga Dewi Anggraeni.,SE.,MM.,CRP.,CPS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan industri kopi di Indonesia, khususnya di Kota Bandung, serta adanya fluktuasi jumlah penjualan berbasis member loyalty Kopi Kenangan yang menunjukkan loyalitas pelanggan belum stabil. Fenomena tersebut mengindikasikan bahwa faktor kualitas produk dan harga memiliki peran penting dalam memengaruhi tingkat loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan secara empiris sejauh mana kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Kopi Kenangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif, di mana data diperoleh melalui kuesioner online kepada 385 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling, kemudian dianalisis dengan teknik Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, yang berarti semakin baik kualitas produk (segar, menarik, enak, dan inovatif) serta semakin kompetitif harga (terjangkau, sesuai dengan manfaat, dan sepadan dengan kualitas), maka semakin tinggi loyalitas pelanggan. Temuan ini menegaskan bahwa Kopi Kenangan perlu mempertahankan konsistensi kualitas produk, melakukan inovasi rasa, serta menyusun strategi harga yang sesuai dengan daya beli konsumen agar mampu menjaga keberlangsungan loyalitas pelanggan, memperkuat posisi merek di pasar, serta menghadapi persaingan industri kopi yang semakin dinamis. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Manajemen Perusahaan D4 |
Depositing User: | PKL EMPAT EMPAT |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 08:16 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 08:16 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |