ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK UNTUK STRATEGI PEMASARAN BERAS DI TOKO BERAS "RR" KOTA CIREBON (TA.15.24.005)

FADHILAH, FARIS RAID (2024) ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK UNTUK STRATEGI PEMASARAN BERAS DI TOKO BERAS "RR" KOTA CIREBON (TA.15.24.005). Diploma thesis, Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat indonesia untuk menujang asupan gizi setiap hari. Proses dan pengolahan budidaya padi tidak lerlalu susah, dengan perawatan yang detail seperti pemberian pupuk organik yang cukup, bisa mengantisipasi datangnya hama lebih awal bisa menghasilkan produksi padi yang melimpah dan bekualitas baik. Pengiriman stok beras di Toko Beras “RR” mengalami kendala karena hasil produksi dari petani sebagai rantai pasok inti mengalami kekurangan hasil produksi karena beberapa penyebab seperti pertumbuhan hama yang tinggi, gabah yang dihasilkan kosong. Proses rantai pasok di Toko Beras “RR” di mulai dari petani sebagai pelaku rantai pasok utama dimana petani ini sebagai pengolah sekaligus pembudidaya padi. Dilanjutkan ke proses penggilingan padi. Setelah menghasilkan beras pihak penggilingan akan mengirimkan beras kepada pemasok sesuai yang dipesan, pada tahap ini pemasok akan melakukan proses grading yaitu proses pemilihan beras, Proses selanjutnya beras yang sudah dilakukan proses grading akan dikirim langsung ke toko beras “RR” sesuai pesanan yang dipesan dari pihak toko, kemudian toko beras akan menjual kepada konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini di mulai sejak 06-07 April 2024 dan 22 April 2024 di Toko Beras “RR” dan di Kuningan Jawa Barat (Windujanten, Cipondok dan Mandirancan). Pengumpulan data yang dilakukan melalui obervasi dan wawancara secara langsung kepada pihak yang bersangkutan. Analisis data menggunakan analisis SWOT dan indikator matriks SCOR. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Rantai pasok beras di Toko Beras “RR” Pada kinerja rantai pasok kriteria yang dikur yaitu parity, advantage dan superior, untuk petani, penggilingan padi, pemasok dan toko beras “RR”, 1 matriks belum mencapai nilai superior, yaitu perfect order fulfillment dengan nilai masingi-masing yaitu 90%, 75%, 90% dan 90% (parity). Sedangkan untuk matriks yang lainnya sudah mencapai nilai superior. Hasil analisis SWOT menunjukkan di toko beras "RR" berada di kuadran I, artinya toko beras "RR" berada dalam situasi atau kondisi yang sangat baik dan menerapkan strategi agresif (growth oriented strategy). Kata kunci: Kinerja Rantai Pasok, Strategi Pemasaran, Toko Beras “RR”, SCOR, SWOT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Logistik S1
Depositing User: najla awalia p
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:57
Last Modified: 25 Nov 2024 04:57
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2690

Actions (login required)

View Item View Item