ANALISIS IRREGULARITAS BAGIAN OPEARASI KURIR DAN LOGISTIK UNTUK MENNGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA KANTOR POS KC CIAMIS 46200 (TA.9.24.061)

MOCHAMMAD RAFLI PAMUNGKAS, - (2024) ANALISIS IRREGULARITAS BAGIAN OPEARASI KURIR DAN LOGISTIK UNTUK MENNGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA KANTOR POS KC CIAMIS 46200 (TA.9.24.061). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://eprints.ulbi.ac.id

Abstract

ABSTRAK Rafli. 2024. Analisis Irregularitas Bagian Operasi Kurir Dan Logistik Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Kantor Pos KC Ciamis 46200. Tugas Akhir. Sarjana Terapan Logistik Bisnis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Kantor Pos KC Ciamis 46200 merupakan Kantor Cabang dari PT Pos Indonesia (Persero) yang mana bergerak di sektor layanan jasa pengiriman surat, paket, maupun logistik. Pada perjalanan bisnis yang dilalui, perusahaan mendapatkan permasalahan yang menjadi terkendalanya proses untuk meningkatkan kualitas layanan yang diharapkan. Permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu sebuah irregularitas yang terjadi pada bagian Pengendalian Operasi Kurir dan Logistik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mencari penyebab dari akar masalah beserta solusi dalam rangka menekan jumlah irregularitas yang terjadi di KC Ciamis. Penelitian dimulai dengan proses pengumpulan berita acara P6 selama 1 tahun terakhir tepatnya pada periode Juli 2023 sampai dengan Juli 2024. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan pengolahan data dengan menggunakan metode DMAIC. Metode ini akan mengidentifikasi serta menentukan masalah prioritas untuk segera diselesaikan. Analisis yang telah dilakukan menghasilkan data frekuensi permasalahan yang paling sering terjadi yaitu salah salur kiriman dan juga salah tempel resi. Human error, tidak patuh pada SOP, serta tidak melakukan verifikasi menjadi penyebab terjadinya irregularitas tersebut. Untuk meminimalisir jumlah irregularitas yang terjadi, dilakukan proses perbaikan dengan mengajukan solusi dalam rangka meningkatkan kualitas layanan untuk kepuasan pelanggan. Kata Kunci: Irregularitas. Kualitas Layanan. Kepuasan Pelanggan. DMAIC

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Sekolah Vokasi > Logistik Bisnis D4
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 11 Dec 2024 04:33
Last Modified: 11 Dec 2024 04:33
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2956

Actions (login required)

View Item View Item