Lukman, Fadhel (2023) ANALISIS PENERAPAN PEMBATASAN JAM OPERASIONAL ANGKUTAN BARANG PADA JALAN RANCAEKEK – MAJALAYA DAN MODEL PEMBEBANAN RUAS JALAN TERDAMPAK MENGGUNAKAN BASIS APLIKASI SATURN (TA.13.18.23.31). Sarjana thesis, Universitas Logistik & Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemacetan yang ditimbulkan dari angkutan barang pada ruas Rancaekek – Majalaya mendorong penerapan MRLL pembatasan jam operasional angkutan barang pada ruas Rancaekek – Majalaya dan bertujuan untuk mengetahui kinerja jaringan jalan setelah diterapkan MRLL. Dengan menggunakan metode pencacahan volume lalu lintas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung serta data kecepatan yang berasal dari survei lapangan kemudian diolah dengan aplikasi Saturn, ditemukan kinerja jalan Rancaekek - Majalaya pada kondisi eksisting sebesar 1,06 sedangkan saat diterapkan MRLL, VCR-nya menjadi turun 1,03. Sehingga dengan penerapan MRLL tersebut tidak efektif karena saat kinerja jalan turun ada peralihan dari ruas lain yang masuk ke Rancaekek Majalaya sebesar 4 kendaraan smp/jam. Selain itu jaringan jalan sebesar 4.115 kendaraan/jam, dan kecepatan rata- rata sebesar 28,9 km/jam. Setelah diterapkan MRLL pembatasan jam operasional, terjadi sedikit penurunan volume kendaraan menjadi 4.113 kendaraan/jam, dan kecepatan rata-rata sebesar 29,1 km/jam. Sedangkan apabila jalan tersebut dilebarkan sesuai dengan status jalan tersebut yaitu lokal primer yang mana lebar jalan harus 7,5 meter, maka kemacetan dapat terurai karena nilai VCR- nya berada di angka 0,5. Kata Kunci : Manajamen rekayasa lalu lintas, VCR, volume ruas, model jaringan, pemodelan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Transportasi S1 |
Depositing User: | najla awalia p |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 08:16 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 08:16 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3008 |
Actions (login required)
View Item |