Giantika, Shafa Elly (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN PELABUHAN PENYEBERANGAN PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG BAKAUHENI (TA.13.18.23.51). Sarjana thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelabuhan Bakauheni merupakan pelabuhan penyeberangan yang dikelolaoleh PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera. Namun dalam pelayanan masih adanya ketidakpuasan pelanggan yang disebabkan kualitas pelayanan yang diberikan dinilai kurang memuasakan. Metode Customer Setisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengatahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan dan factor apa saja yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelanggan. Dari hasil pengolahan yang telah dilakukan meunjukkan bahwa Nilai tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelabuhan penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni adalah sebesar 79,68 yang artinya pelanggan sudah merasa puas atas kinerja yang telah diberikan. Faktor pelayanan yang perlu ditingkatkan oleh pihak pelabuhan penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni terletak pada Kuadaran 1 dengan atribut (Petugas menginformasikan jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal, Petugas memiliki waktu luang untuk membantu pelanggan, Petugas menyelesaikan keluhan atau masalah dengan cepat, Petugas sopan kepada pelanggan, Adanya petugas dan fasilitas informasi baik visual maupun dalam bentuk audio yang mudah terlihat dan terdengar oleh pelanggan, Prasarana yang ada di pelabuhan seperti gedung dalam kondisi bersih dan terawat). Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelabuhan, Customer Index Satisfaction (CSI), Importance Performance Analysis (IPA)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Transportasi S1 |
Depositing User: | najla awalia p |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 03:49 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 03:49 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |