PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA AUTO2000 CABANG SUCI BANDUNG (TA.16.20.24.62)

Monica, Savirra Candra (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA AUTO2000 CABANG SUCI BANDUNG (TA.16.20.24.62). Sarjana thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas pelayanan adalah kunci utama kesuksesan dalam sebuah bisnis, baik dalam sektor jasa maupun sektor produk atau barang. Kesenjangan dalam pelayanan menjadi tantangan yang signifikan bagi pemilik usaha dalam menjalankan proses bisnis mereka. Untuk membedakan diri dengan perusahaan atau pihak pesaing, penting bagi perusahaan untuk menjaga kualitas pelayanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan mereka, yang pada gilirannya dapat memberikan dampak yang positif bagi perusahaan mereka. Penelitian dilakukan pada perusahaan Auto2000 cabang Suci Kota Bandung pada periode 1-29 Februari 2024 yang difokuskan pada pelayanan jasa service kendaraan roda empat di lokasi perusahaan Auto2000 cabang Suci Kota Bandung yang beralamat di Jl. Khp Hasan Mustopa No.6, Padasuka, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di objek penelitian yakni Auto2000 cabang Suci Kota Bandung. Data yang dihasilkan merupakan dari penyebaran kuesioner yang diisi oleh 101 pengguna jasa service mobil di Auto2000 cabang suci Kota Bandung. Tangible, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy merupakan indikator dari kualitas pelayanan. Terpenuhinya kebutuhan pelanggan, merekomendasikan, dan loyalitas merupakan indikator dari kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan metode analisa regresi linier sederhana dengan menggunakan aplikasi IBM-SPSS 22 untuk mengetahui pengaruh satu variabel dengan variabel lainnya. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kuisioner yang disusun valid dan reliabel sehingga dapat digunakan ulang kepada responden yang sama untuk waktu yang berbeda atau digunakan pada populasi yang lebih luas. Uji kecukupan data serta normalitas data menunjukkan bahwa data yang diperoleh cukup dan terdistribusi secara normal. Pengujian koefisiensi korelasi juga menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berkolerasi secara sempurna dan positif terhadap variabel kepuasan pelanggan dan menunjukkan tidak ada variasi dalam hubungan antara kedua variabel tersebut dengan semua titik ada berada pada garis lurus yang sempurna. perhitungan variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian juga menunjukkan bahwa kualoitas pelayanan berpengaruh sebesar 0,951 terhadap kepuasan pelanggan secara signifikan pada bagian service Auto2000 Cabang Suci Bandung. Kata Kunci: Regresi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Logistik, SPSS, Korelasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Logistik S1
Depositing User: najla awalia p
Date Deposited: 04 Feb 2025 04:46
Last Modified: 04 Feb 2025 04:46
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/3058

Actions (login required)

View Item View Item